Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Menyambut Penambahan Kuota Bidikmisi

KITA perlu memberikan apresiasi terhadap langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam memajukan pendidikan di negeri ini.

Kemendikbud akan terus menambah kuota program Beasiswa Bantuan Pendidikan Mahasiswa Miskin dan Berprestasi (Bidikmisi). Jika tahun ini kuota Bidikmisi mencapai 90 ribu siswa, untuk 2013 akan ditambah menjadi 150 ribu siswa.

Penambahan kuota Bidikmisi ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) di jenjang perguruan tinggi (PT). Karena sampai kini, APK pendidikan tinggi masih sangat rendah, yakni 27 persen.

Langkah Kemendikbud ini memberikan napas segar bagi pemuda di negeri ini. Semakin banyak kuota Bidikmisi, berarti semakin banyak akses lulusan sekolah menengah melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Sebagaimana diketahui, program Bidikmisi diluncurkan pertama kali pada 2010. Sejak pertama kali diluncurkan hingga 2012, kuota Bidikmisi sudah mencapai 90 ribu siswa. Tahun depan, diperkirakan akan ditambah lagi 60 ribu menjadi 150 ribu beasiswa. Mulai tahun ajaran 2012-2013, Bidikmisi tidak hanya diberikan kepada perguruan tinggi negeri (PTN), namun juga dialokasikan untuk PTS. Kuota untuk PTS berjumlah dua ribu. Penyerapan kuota Bidikmisi untuk PTN telah mencapai 100 persen. Untuk Bidikmisi PTN sudah terpenuhi, tidak ada sisa.

Selengkapnya baca disini.

You are here