Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

MEMBERDAYAKAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA

Bertempat di Aula Fisip Unsoed, Selasa (8/10) diselenggarakan Pelatihan Kewirausahaan bagi mahasiswa.  Kegiatan ini diharapkan memacu mahasiswa untuk berkiprah di dunia wirausaha. “Minimal mahasiswa mampu membuat proposal Program Kreatifitas MAhasiswa (PKM)”, kata Ketua Panitia, Drs. Andi Antono M.Si. Pada tahun 2012 Proposal PKM yang lolos dan didanai Dikti hanya  4 judul. “Target proposal yang disetujui untuk tahun 2013 adalah 20 judul”, tegas Pembantu Dekan III Fisip.

Dekan Fisip Unsoed, Dr. Ali Rokhman sangat mengapresiasi kegiatan ini.  Beliau bangga melihat antusiasme mahasiswa mengikuti kegiatan ini. Sebanyak 320 mahasiswa memenuhi Aula Fisip. Dekan optimis target 20 proposal tahun 2014 dapat tercapai, asalkan minimal 100 judul proposal diajukan ke Dikti. Selanjutnya Dr. Ali Rokhman menegaskan, “Wirausaha adalah tuntutan zaman. Ekonomi  bangsa akan berkembang apabila jumlah wirausahawan berjumlah 2 % jumlah penduduknya, Indonesia baru sekitar 1,56 % jauh tertinggal dari Malaysia  4 % dan Singapura 7 %”.
Pembicara pertama pada pelatihan ini adalah Asep Nasirin, pengusaha muda, mahasiswa, energik, mandiri, dan produktif.  Mahasiswa angkatan 2009 ini menularkan ilmu wirausahanya. Walaupun core business mengenai budidaya dan perdagangan (trading) ternak sapi, domba, kambing serta  ayam potong. Namun  tetap menginspirasi mahasiswa Fisip dalam hal inisiatif, cara memulai wirausaha bahkan hingga mengelola kerja.  Pengalaman manajerial Asep Nasirin memang sudah terasah dalam organisasi kemahasiswaan.  Berbagai jabatan organisasi kemahasiswaan baik intra maupun kestra kampus disandangnya, antara lain Ketua Mahasiswa Angkatan 2009, Ketua Umum HMPS 2011/2012 dan Ketua Paguyuban Mahasiswa Inseminator. Menurut Asep, “Usahanya merupakan pengembangan dari kemampuan dan jaringan yang dimilikinya”.  Sebagai pembicara kedua Dwiyanto Indiahono, S.Sos, M.Si, lebih menekankan pada teknik penulisan proposal PKM agar lolos seleksi. (Wwt)
 

You are here