Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

MASYARAKAT SAMIN (Studi Tentang Interaksi Masyarakat Samin dan non-Samin Di Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati)

JudulMASYARAKAT SAMIN (Studi Tentang Interaksi Masyarakat Samin dan non-Samin Di Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSa’adah, Siti Qomariyatus
Call NumberSOS.890
Other NumbersF1A013016
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published09/2017
Abstract

Masyarakat Samin merupakan bagian dari masyarakat Desa Baturejo yang menganut dan mempertahankan ajaran Samin Surosentiko. Masyarakat Samin mempunyai tata cara, adat istiadat, bahasa serta norma-norma yang berbeda dengan masyarakat non-Samin di Baturejo. Masyarakat Samin merupakan potret kehidupan masyarakat tradisional Jawa. Secara historis memiliki karakter masyarakat yang sangat tertutup, sedangkan masyarakat non-Samin merupakan bentuk masyarakat yang sudah modern, terbuka dengan adanya unsur baru yang berasal dari luar kebudayaan mereka. Meskipun memiliki perbedaan kultur sosial, masyarakat Samin dan non-Samin di Desa Baturejo hidup berdampingan dan melakukan interaksi antara satu dengan yang lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya kontak sosial dan komunikasi diantara mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana bentuk interaksi sosial antara masyarakat Samin dengan masyarakat non-Samin di Desa Baturejo, hal-hal yang mendorong masyarakat Samin berinteraksi dengan masyarakat non-Samin di Desa Baturejo, dan kendala yang dihadapi masyarakat Samin dalam berinteraksi dengan masyarakat non-Samin di Desa Baturejo. Untuk mendapatkan analisis data lebih mendalam, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis on going analysis serta penentuan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk interaksi sosial antara masyarakat Samin dengan masyarakat non-Samin berupa kerja sama antara satu dengan yang lain, sikap gotong-royong antara satu dengan yang lain. Hal yang mendorong masyarakat Samin berinteraksi dengan masyarakat non-Samin adalah rutinitas masyarakat Samin dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan masyarakat non-Samin, sikap saling menghormati dan menghargai antara masyarakat Samin dengan non-Samin, keinginan untuk saling memahami antara masyarakat Samin dan non-Samin sehingga tercipta kerja sama diantara masyarakat Samin dan non-Samin. Kendala yang dihadapi masyarakat Samin dalam berinteraksi dengan masyarakat non-Samin adalah perbedaan adat istiadat antara satu dengan yang lain, aturan yang mengikat masyarakat Samin, perbedaan logat dan penafsiran bahasa yang sulit dipahami oleh masyarakat non-Samin sehingga terkadang memicu kesalahpahaman yang terjadi antara masyarakat Samin dengan non-Samin dan menyebabkan ruang gerak masyarakat Samin dan non-Samin untuk berinteraksi menjadi terganggu.

KeywordsInteraksi Sosial, Masyarakat Samin dan non-Samin, Tradisionalitas dan Modernitas.
Citation Key3185
You are here