Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Mahasiswi HI Jawara Mapres Fisip Unsoed 2016

Mahasiswi cantik Jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Jenderal Soedirman, Rifka Amalia, terpilih menjadi Juara Pertama ajang Mahasiswa Berprestasi Fisip Unsoed tahun 2016. Mahasiswi angkatan 2013 ini memiliki nilai akademik/IPK 3,67 dan seabreg kegiatan non akademis. Karya ilmiah yang ditulis berjudul ‘Potensi Diaspora Tourism untuk Meningkatkan Pariwisata Indonesia’.

Rifka mengasumsikan bahwa diaspora Indonesia dapat berperan sebagai agen promosi pariwisata Indonesia di pangung internasional sekaligus sebagai target utama pariwisata Indonesia. Data Indonesian Diaspora Network (IDN) tahun 2015 tercatat sekitar 7 juta  diaspora Indonesia tersebar diberbagai belahan dunia. Diperkirakan jumlah diaspora yang belum tercatat lebih dari angka tersebut. Hal ini merupakan potensi besar bagi laju diaspora tourism.

Kekayaan budaya Indonesia menjadi daya tarik wisatawan. Festival budaya dengan skala internasional seperti Festival Lembah Baliem, Internasional Mask Festival, Solo Batic Carnival, Tomohon Flower Festival dan lain sebagainya. Namun kelemahannya belum terdaftar sebagai agenda tourisme internasional sehingga wisatawan mancanegara sulit mendapatkan informasi mengenai festival budaya. Disinilah peran Diaspora tourism, sebagai titik penghubung bagi promosi pariwisata Indonesia secara global, tutur Rifka penuh semangat.

Mahasiswa berkerudung ini memiliki aktifitas yang sangat dinamis. Rifka selalu focus dan komitmen dalam menjalankan setiap kegiatannya. Keaktifan di organisasi dilakukan untuk mengembangkan soft skill yang mendukung kompetensi dirinya. Ketika menjadi anggota suatu organisasi akan mendapatkan soft skill seperti kepemimpinan, kerjasama, kepedulian terhadap sesama, tanggungjawab, dan sebagainya. Untuk itu, sejak duduk di Sekolah Menengah Pertama, telah aktif mengikuti organisasi, menjadi Wakil Ketua OSIS. Saat SMA, menjadi koordinator bidang Kesenian. Tidak berhenti sampai situ saja, ketika kuliah pun saya menjadi lebih aktif untuk mengembangkan softskill dengan menjadi anggota di dua organisasi, yaitu ESOF (UKM Bahasa Inggris) dan KOMAHI (HMJ HI). Di ESOF menjadi anggota Bussiness Department pada periode 2013-2014 dan anggota MUN Department pada periode 2014-2015. Di KOMAHI menjadi sekretaris divisi Eksternal periode 2014-2015. Kini, Rifka lebih focus dalam satu organisasi saja, yaitu ESOF dan menjadi Minister (Ketua) di MUN Department periode 2015-2016.

Penerima Beasiswa  dari Djarum Foundation Bakti Pendidikan 2016 ini juga aktif mengikuti beberapa kompetisi. Pada tahun 2014 Rifka sempat mengikuti kompetisi debat bahasa inggris tingkat Universitas Jenderal Soedirman, yaitu IFDC ke-15 dan menjadi Oktofinalis dalam kompetisi tersebut. Untuk meningkatkan skill kepemimpinan, public speaking, diplomasi, problem solver dan bahasa inggris, dia pun mengikuti acara MUN atau Model United Nation (simulasi sidang PBB). Acara MUN yang pernah  dikuti antara lain, JOINMUN 2014 (council : UNESCO), Soedirman MUN 2015 (council : General Assembly) dan Sidang Internpol 2015. Pada tahun ini, saya dipercaya untuk menjadi wakil FISIP dalam kompetisi Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas 2016, alhamdulillah mendapatkan juara harapan pertama.

Fisip Unsoed, Maju Terus Pantang Menyerah !

 

You are here