Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Mahasiswa Sosiologi Raih Juara II Pilmapres Unsoed

Nabilla Khansa Naura, mahasiswa Prodi S1 Sosiologi FISIP berhasil mendapatkan juara II dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Unsoed 2019.

Pilmapres tingkat universitas ini dilaksanakan pada 28-29 Maret 2019 lalu. Sebanyak 17 mahasiswa terbaik dari masing-masing Fakultas berkompetisi dalam acara ini, melalui penilaian lima komponen, yakni indeks prestasi kumulatif, karya tulis ilmiah, prestasi/kemampuan yang diunggulkan, dan bahasa Inggris/asing.

Nabilla berhasil mendapatkan nilai total 95,36. Dia mempresentasikan karya tulis ilmiah berjudul “Peningkatan Pemahaman Mahasiswa mengenai Social Entrepreneurship Melalui Video Business Model Canvas”.

Tulisan Khonsa berangkat dari keprihatinannya ketika melihat minat mahasiswa di masa sekarang yang enggan melakukan wirausaha sosial. “Mahasiwa enggan melakukan usaha tersebut disebabkan mereka tidak memahami konsep wirausaha sosial serta mereka juga tidak memahami langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memulai usaha di bidang wirausaha sosial tersebut,” kata Khonsa.

Khansa menawarkan BMC (Business Model Canvas) sebagai sebuah alternatif untuk mengenalkan bisnis wirausaha sosial ini kepada mahasiswa. Sebagai langkah awal, ia membuat sebuah video edukasi yang diunggah di akun Youtube mengenani BMC ini dengan mengambil contoh wirausaha sosial yaitu Gojek. Bersama dosen pembimbing, Nanang Martono, Khansa melakukan penelitian untuk mengukur pemahaman mahasiswa sosiologi (sebagai sampel) mengenai BMC ini.(NM)

You are here