Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

MAHASISWA PRODI HUBUNGAN INTERNASIONAL MENGIKUTI “TABLE MANNER COURSE DI HOTEL HORISON”

Table Manner Course merupakan kegiatan pendukung dalam Praktikum Diplomasi di Program Studi Hubungan Internasional. Kegiatan ini bertujuan memberi pengetahuan dan sekaligus mempraktekan tentang tatacara dan etika di meja makan dalam acara jamuan makan. Kegiatan ini dianggap penting mengingat dalam berbagai kegiatan diplomatik maupun kenegaraan seringkali berbagai negosiasi, lobby , maupun pembicaraan yang bersifat informal serta acara-acara tertentu seringkali dilakukan  di meja makan yang kemudian diakhiri dengan makan bersama.

Acara yang di selenggarakan bekerjasama dengan Hotel Horison Purwokerto ini berlangsung pada hari Sabtu beberapa waktu yang lalu, diikuti oleh mahasiswa HI semester 5, para pengampu mata kuliah Praktikum diplomasi yaitu Sri Wijayanti, S.IP, M.Si, Tundjung Linggarwati,S.IP, M.Si serta Aryuni Yuliantiningsih,SH, MH., dan beberapa staf pengajar Prodi HI Unsoed, dengan para trainer dari Divisi Food and Beverage Hotel Horison Purwokerto.

Sebelum acara tersebut, mahasiswa yang sudah diberi peran sebagai negosiator yang mewakili negara yang sudah ditentukan terlebih dahulu melakukan negosiasi dengan negara yang dihadapinya mengenai topik atau kasus tertentu untuk menemukan kesepakatan yang nantinya dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman (MoU). Dalam hal ini mahasiswa berlatih untuk melakukan diplomasi secara bilateral dan berlatih menuliskan draft MoU, ada juga beberapa mahasiswa yang berperan sebagai mediator.

Praktek diplomasi bilateral ini diakhiri dengan jamuan makan dengan standar internasional baik menu maupun tatacara makannya. Mahasiswa dipandu oleh trainer untuk mengenali dan menggunakan peralatan makan dengan baik, tahapan-tahapan dalam jamuan makan, jenis-jenis makanan dalam jamuan makan berstandar internasional serta yang tidak kalah penting adalah etika yang berkaitan dengan tata cara makan, bicara, busana, etika sebagai tamu yang diundang makan maupun tuan rumah yang mengundang.
 

You are here