Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Mahasiswa Kost dan Seks Bebas (Studi Mengenai Perilaku Pacaran dan Seks Bebas Mahasiswa di Lingkungan Kost Tanpa Induk Semang di Kecamatan Purwokerto Utara)

JudulMahasiswa Kost dan Seks Bebas (Studi Mengenai Perilaku Pacaran dan Seks Bebas Mahasiswa di Lingkungan Kost Tanpa Induk Semang di Kecamatan Purwokerto Utara)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsUtomo, Arif Priyo
Call NumberSOS.751
Other NumbersF1A011068
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published12/2015
Abstract

Kebutuhan akan jasa kost di Kota Purwokerto tidak terlepas dari eksistensi berbagai instansi pendidikan yang ada. Kecamatan Purwokerto Utara merupakan salah satu daerah yang banyak menyediakan jasa kost bagi mahasiswa perantauan yang datang untuk melanjutkan pendidikan kuliah. Keberadaan kampus Universitas Jenderal Soedirman serta perguruan tinggi lainnya diyakini menjadi pionir pesatnya pertumbuhan usaha kost-kostan di daerah tersebut. Diantara banyaknya jumlah usaha kost, tak jarang dijumpai jenis kost-kostan yang lingkungannya bebas baik dari segi peraturan maupun pengawasannya. Lingkungan kost yang bebas sendiri sering disalahgunakan oleh mahasiswa pengguna jasa kost sebagai tempat untuk melakukan penyimpangan seks bebas bersama pasangannya.
Berdasarkan informasi maupun penemuan-penemuan yang telah didapatkan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kost-kostan yang lingkungannya bebas di Kecamatan Purwokerto Utara sangat mudah dijumpai keberadaannya. Kontrol sosial yang lemah di sekitar lingkungan kost-kostan menjadi salah satu penyebab munculnya keberadaan kost-kostan bebas tersebut. Seperti contoh, tidak adanya peraturan-peraturan yang berlaku di lingkungan kost serta minimnya pengawasan dari pemilik maupun pengelola kost-kostan. Sebagian besar pemilik atau pengelola kost tak jarang merupakan orang-orang yang tempat tinggalnya cukup jauh dari lokasi kost-kostan dan bahkan adapula dari mereka yang bertempat tinggal di daerah maupun kota lain. Jenis kost-kostan yang lingkungannya bebas ini sering disalahgunakan mahasiswa pengguna jasa kost sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pacaran dan seks bebas bersama pasangannya. Bentuk-bentuk perilaku pacaran dan seks bebas mahasiswa di lingkungan kost sendiri sangat beragam jenisnya. Mulai dari tingkah laku berkencan seperti mengajak pasangannya ke dalam kamar kost (menginap atau bermalam), hingga sampai kepada bentuk penyimpangan seks bebas yang melanggar norma sosial maupun norma agama seperti berhubungan intim (ML).
Implikasi dari penelitian ini adalah untuk adanya kontrol dan kebijakan terhadap pihak-pihak terkait guna mencegah maupun meminimalisir terjadinya bentuk-bentuk penyimpangan sosial tersebut. Khususnya bagi para pemilik atau pengelola kost dalam upaya menerapkan peraturan-peraturan maupun pengawasan yang ketat di lingkungan kost. Serta bagi mahasiswa agar lebih selektif dalam menyikapi perkembangan jaman, utamanya dalam hal pergaulan

Keywords-
Citation Key2517
You are here