Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Mahasiswa FISIP Terpilih Sebagai Duta GenRe Unsoed 2019

Yusuf Efendi dan Feby Indah Lestari terpilih sebagai duta Genre Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) tahun 2019. Keduanya berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Program Generasi Berencana (GenRe) dikembangkan oleh BKKBN dalam rangka persiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan. Melalui program ini, diharapkan remaja mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Untuk dapat meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe, khususnya pengembangan PIK Remaja, maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja itu sendiri. Figur motivator inilah yang akan menjadi wakil atau Duta GenRe.

Unsoed, melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R Aksiologi) turut merealisasikan program tersebut. Setelah dibukanya Pemilihan Duta GenRe UNSOED 2019 pada tanggal 17 Maret 2019, Pemilihan Duta GenRe mendapat antusias luar biasa dari banyak mahasiswa UNSOED yang berasal dari berbagai fakultas. Total pendaftar dari seluruh fakultas mencapai 29 orang, yang terdiri dari 7 putra dan 22 putri.

Pada hari pertama, 13 April 2019, dilaksanakan serangkaian tahapan, yaitu tes tertulis dimana peserta mengerjakan soal-soal seputar Triad KRR dan PIK. Kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara yang terbagi ke dalam tiga pos, yaitu pos Public Speaking dan Minat Bakat, pos Triad KRR dan PIK, dan pos terakhir adalah pos bahasa Inggris.

Kemudian pada hari kedua, 14 April 2019, yang merupakan puncak acara bagi peserta Pemilihan Duta GenRe 2019, adalah pengumuman pemenang Duta GenRe. Pemilihan Duta GenRe 2019 turut serta mengundang Dr. Jarot Santoso, M.S. selaku Dekan FISIP Unsoed, Ahmad Sabiq, M.A. selaku Wakil Dekan FISIP 3, Dr. Kuat Piji Prayitna, S.H., M.Hum., Titi Cahyani, S.H., M.M., dan Dra. Rin Rostikawati, M.Si. Selain itu, acara pada hari kedua ini juga dihadiri oleh para dewan juri yang melakukan penilaian terhadap peserta, yaitu Bambang Widodo, M.Par., Valen Hadi Putri yang merupakan Duta GenRe Kabupaten Banyumas dan Provinsi Jateng 2018, Titi Cahyani, S.H., M.M. selaku perwakilan dari DPPKBP3A, Arbina Satria Afiatan, S.P., M.P. selaku perwakilan Forum Genre Banyumas, dan Jasmin Naulita Fatimah Azzahra selaku perwakilan dari UKM SEF Unsoed.

Pembukaan acara pada hari kedua diawali dengan parade peserta, baik putra maupun putri sebagai salah satu penilaian dari segi penampilan. Acara ini juga dimeriahkan oleh beberapa penampilan seperti tari Lenggok dan juga dimeriahkan oleh Bethania dan Fayat dengan menyanyikan beberapa lagu. Setelah diselingi dengan hiburan, acara selanjutnya adalah pengumuman lima besar putra dan putri yang kemudian diberi pertanyaan seputar Triad KRR dan PIK sekaligus menampilkan bakat yang dimiliki oleh para peserta untuk diambil penilaiannya.

Setelah semua tahapan terlewati, baik pada lima besar putra-putri maupun tiga besar putra-putri dan hasilnya diakumulasikan dengan tes sebelumnya, terpilihlah Yusuf Efendi dari FISIP sebagai juara 1 Duta GenRe Unsoed Putra dan Feby Indah Lestari yang juga dari FISIP sebagai juara 1 Duta GenRe Unsoed Putri.

Pemilihan Duta GenRe 2019 ini merupakan acara PIK-R Aksiologi Unsoed yang kedua, yang berlangsung dengan meriah dan sukses. Para pengurus PIK-R Aksiologi Unsoed berharap, antusiasme seluruh mahasiswa Unsoed terhadap acara Pemilihan Duta GenRe ini tidak akan menurun tetapi akan lebih besar lagi di tahun-tahun selanjutnya.

You are here