Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar Siswa

JudulLingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar Siswa
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsTarigan, Natalia Beru
Call NumberSOS.746
Other NumbersF1A008003
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published09/2015
Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sasaran utama kegiatan pendidikan adalah anak/siswa, yang diharapkan dapat mencapai keberhasilan belajar yang dapat dilihat dari pencapaian prestasi belajar baik pada bidang akademik maupun non akademik. Prestasi belajar dipengaruhi banyak faktor, yang secara garis besar terdiri dari dua faktor, yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Lingkungan yang terkait dengan faktor eksternal memberi pengaruh terhadap prestasi belajar.
Penelitian ini menggunakan siswa SMP yang ada di Kecamatan sebagai responden dengan menggunakan metode survei eksplanatif dan pengambilan sampel dengan menggunakan metode random sampling. Penelitian ini mencoba menjelaskan korelasi antara lingkungan keluarga dan prestasi belajar siswa. Lingkungan itu sendiri terdiri terdiri atas lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Dalam penelitian ini lingkungan keluarga yang dimaksudkan adalah keadaan ekonomi orang tua, dukungan/perhatian orang tua, bimbingan belajar dan fasilitas belajar.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan ekonomi orang tua, dukungan/perhatian orang tua dan bimbingan belajar memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Lain halnya dengan fasilitas belajar, fasilitas belajar yang diberikan orang tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Keywords-
Citation Key2385
You are here