Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Kualitas Pelayanan Pajak E-Filing Menurut Pengguna Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

JudulKualitas Pelayanan Pajak E-Filing Menurut Pengguna Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsTajudin, Mohamad
Call NumberANE P.065
Other NumbersF1B112007
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Date Published05/2018
Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya angka pencapaian Surat Pemberitahuan (SPT) dengan target yang ditentukan di KPP Pratama Purwokerto. Pajak e-filing merupakan salah satu pelayanan untuk pelaporan SPT Tahunan melalui online yang diberikan Direktorat Jenderal Pajak kepada wajib pajak. E-filing hadir sebagai salah satu solusi dari pemerintah untuk memudahkan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada para wajib pajak dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya. Salah satu KPP yang berada di lingkungan kantor wilayah direktorat jenderal pajak Jawa Tengah II perlu ditinjau mengenai kualitas pelayanan yang diberikan kepada wajib pajak pelapor SPT tahunan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan pajak e-filing menurut pengguna di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Metode pada penelitian ini ialah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan melihat nilai rata-rata pada tiap aspek dalam kualitas pelayanan. Sumber data pada penelitian ini ialah melalui kuisioner, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto berada pada kategori baik. Namun hasil pada tiap indikator berbeda, Indikator Tangibles (bukti fisik), Indikator Realibility (Keandalan) dan Assurance (jaminan) termasuk kategori tinggi, sedangkan Indikator Emphaty (Empati) termasuk dalam kategori sedang, indikator Responsiveness (Daya Tanggap) termasuk dalam kategori rendah.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, Pajak e-filing, Pelaporan SPT Tahunan

SUMMARY

The background of this research is the low number of achievement of Notification Letter (SPT) with the target specified in KPP Pratama Purwokerto. The e-filing tax is one of the services for reporting the Annual Tax Return through online granted the Directorate General of Taxes to the taxpayer. E-filing comes as one of the solutions of government for ease while improving services to the taxpayers within exercise rights and fulfill its tax obligations. One of the KPP located in the regional office of the directorate general of taxation of Central Java II needs to be reviewed about the quality of services provided to taxpayers of the annual SPT reporter at the Faculty of Social and Political Sciences University General Soedirman Purwokerto. The purpose of this study is to determine the quality of e-filing tax service according to the user in the Faculty of Social and Political Sciences, University of General Soedirman Purwokerto. The method in this research is descriptive quantitative method. The sampling technique uses accidental sampling. Data analysis method used in this research is to see the average value on each aspect in service quality. Sources of data in this study is through questionnaires and documentation. The results showed that the quality of service in the Faculty of Social and Political Sciences of General Soedirman University Purwokerto is in good category. But the results on each indicator are different, Indicator Tangibles (Indicator), Realibility and Assurance Indicators are categorized as good, while Emphaty Indicators (Empathy) are included in medium category, Responsiveness indicator is included in low category.
Keywords: service quality, e-filing tax, SPT Annual Reporting

KeywordsPajak e-filing, Pelaporan SPT Tahunan, kualitas pelayanan
Citation Key3377
You are here