Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Konstruksi Realitas Peristiwa Kerusuhan Rasial Tahun 1967 Di Kota Detroit (Studi Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills Pada Film “Detroit”)

JudulKonstruksi Realitas Peristiwa Kerusuhan Rasial Tahun 1967 Di Kota Detroit (Studi Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills Pada Film “Detroit”)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSaraswati, Oktaviana Afanisa
Call NumberKOM.916
Other NumbersF1C013079
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Date Published06/2018
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teks dalam film ‘Detroit’ telah mengkonstruksi realitas peristiwa kerusuhan rasial tahun 1967 di Kota Detroit. Dengan menggunakan analisis wacana kritis model Sara Mills, tingkatan analisis dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu posisi subjek-objek dan posisi penonton. Adegan, dialog dan narasi, serta unsur konstektual lainnya digunakan sebagai unit analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks dalam film ini telah menempatkan tiga tokoh polisi lokal kulit putih dan pembawa berita sebagai subjek cerita, sedangkan tokoh-tokoh kulit hitam sebagai objek cerita. Kemudian, penonton disugestikan untuk memosisikan diri sebagai pembawa berita dan tokoh-tokoh kulit putih yang tidak rasis.

KeywordsAnalisis Wacana Kritis, Film Detroit, Kerusuhan Rasial Kota Detroit Tahun 1967, Sara Mills
Citation Key3412
You are here