Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Konflik dan Peneguhan Hubungan Pasangan Kekasih Longdistance Relationship di kalangan Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman

JudulKonflik dan Peneguhan Hubungan Pasangan Kekasih Longdistance Relationship di kalangan Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsOktaviani, Rika Try
Call NumberKOM.704
Other NumbersF1C011023
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published09/2015
Abstract

Remaja adalah masa di mana seseorang mulai mencari jati diri, pencarian jati diri tersebut adalah membentuk hubungan yang baru dan lebih matang dengan lawan jenis. Dalam menjalani hubungan, seringkali individu tidak dapat selalu berdekatan dengan pasangannya, sehingga pasangan kekasih tersebut melakukan pacaran jarak jauh atau Longdistance Relationship. Oleh sebab itu penelitian ini berjudul Konflik Dan Peneguhan Hubungan Pasangan Kekasih Longdistance Relationship Di Kalangan Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konflik dan cara peneguhan hubungan pasangan kekasih Longdistance Relationship di Kalangan Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan purposive sampling, yaitu Mahasiswa UNSOED yang menjalani Longdistance Relationship dan menjalin hubungan pacaran minimal satu tahun. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan observasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi data model sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik yang terjadi karena adanya kesibukan di antara masing-masing individu, cemburu, ketidakjujuran yang dilakukan oleh pasanganya serta masalah internal dari masing-masing individu. Peneguhan hubungan yang dilakukan adalah dengan penggunaan media untuk berkomunikasi, pengungkapan pesan verbal, tindakan romantis, keintiman dan komitmen antar pasangan.

Keywordskonflik, Longdistance Relationship, Peneguhan Hubungan
Citation Key2410
You are here