Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program “Kotaku” Di Kelurahan Semarang Kabupaten Banjarnegara

JudulKomunikasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program “Kotaku” Di Kelurahan Semarang Kabupaten Banjarnegara
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsZuhri, Akhmad
Call NumberPOL.528
Other NumbersF1C013022
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Date Published06/2018
Abstract

Banyaknya lingkungan kumuh dan minimnya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan berkualitas dalam artian bersih membuat pemerintah mencetuskan program kotaku, program kotaku adalah program pemberdayaan masyarakat dalam bidang pengetasan lingkungan kumuh dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta mengubah pola pikir masyarakat untuk hidup sehat dan bersih. dari hal inilah peneliti ingin mengetahui dan meneliti bagaimana komunikasi yang dilakukan oleh fasilitator ataupun berbagai pihak yang berperan untuk menyampaikan dan mensukseskan program tersebut di Kelurahan Semarang Kabupaten Banjarnegara. Adapun tujuan penelitian ini sebenarnya ingin mengetahui dan menganalisis bagaimana komunikasi yang dilakukan oleh fasilitator dan juga pihak-pihak yang dibebani untuk bertanggung jawab di dalamnya. Dalam proses penelitian peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan wawancara sebagai sumber data primer dan observasi dan dokumentasi sebagai data sekunder dan pendukung.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan didapat yaitu bahwa proses komunikasi yang terjadi antara komunikator dalam hal ini pemerintah daerah, fasilitator dan segenap pihak yang bertanggung jawab sudah dilakukan untuk disampaikan kepada komunikan dalam hal ini masyarakat. Bentuk komunikasi yang terjadi didalamnya yaitu sosialisasi, diskusi, rapat antar warga serta musyawarah, sehingga setiap masalah ataupun kegiatan bisa dievaluasi atau direncanakan di kedepan harinya. Tidak ada program yang berjalan secara lancar begitupun program kotaku ini, masyarakat sebagai sasaran banyak yang kontrak meskipun tidak sedikit yang pro, mereka yang menolak biasanya dengan adanya program pemberdayaan ini di masyarakat bisa merugikan dirinya, baik materil maupun waktu, masyarakat yang seperti ini mungkin karna kurangnya pengetahuan informasi dan komunikasi sehingga terjadi seperti itu.
Komunikasi pemberdayaan masyarakat merupakan sebuah bentuk dari gabungan berbagai elemen didalamnya tidak bisa mereka beridiri sendiri dan berjalan sedniri-sendiri, dengan gotong-royong dan proses komunikasi yang baik hal-hal yang kontra bisa diminimalisir untuk mensukseskan program pemberdayaan masyarakat yaitu program kotaku.

KeywordsKomunikasi, Masyarakat., pemberdayaan
Citation Key3420
You are here