Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Komunikasi Organisasi Radio Republik Indonesia (RRI) Purwokerto Sebagai Industri Media Penyiaran ( Studi Kasus Pada Produksi Program Siaran Berbasis Budaya Banyumas Layanan Siaran RRI Progama 1)

JudulKomunikasi Organisasi Radio Republik Indonesia (RRI) Purwokerto Sebagai Industri Media Penyiaran ( Studi Kasus Pada Produksi Program Siaran Berbasis Budaya Banyumas Layanan Siaran RRI Progama 1)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsVinanda, Rufki Ade
Call NumberKOM.775
Other NumbersF1C012042
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2016
Date Published05/2016
Abstract

Penelitian ini membahas tentang komunikasi organisasi, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menggambarkan komunikasi organisasi dalam proses produksi program siaran berbasis budaya Banyumas. Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu faktor yang menentukan organisasi dapat hidup, sukses dan efektif. Komunikasi dan koordinasi antara anggota organisasi sangat penting dalam memproduksi sebuah program yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan tipe studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi. Hasil yang di dapatkan dari penelitian ini yakni pola komunikasi dalam produksi program siaran dibentuk berdasarkan dengan garis rantai komando dan berdasarkan prosedur operasi di RRI Purwokerto dibagi menjadi dua versi yaitu pola secara struktural dan pola secara fungsional. Komunikasi berlangsung baik secara formal, non-formal dan mengalir secara vertical dan horizontal. Komunikasi bersifat formal ini terjadi melalui media rapat sedangkan komunikasi non-formal terjadi dalam proses produksi program siaran di lapangan atau selama acara berjalan baik itu berupa saran atau masukan bisa merupakan teguran, kritik, dan konsultasi tentang masalah pribadi serta gurauan atau candaan antar karyawan.
downward communication dan upward communication. Dalam downward communication atau komunikasi dari atas ke bawah komunikasi terjadi berupa pemberian atau penyampaian intruksi kerja, penjelasan pelaksanaan tugas, penyampaian informasi dari atasan ke bawahan maupun kewenangan dalam pengambilan keputusan. Dalam upward communication atau komunikasi dari bawah ke atas komunikasi terjadi berupa saran atau masukan serta kewenangan dalam pengambilan keputusan. Sedangkan hambatan dalam proses komunikasi atau dalam proses produksi program siaran yaitu adanya indikasi peran ganda, kurang terbukanya bawahan ke atasan, keterbatasan anggaran yang menghambat inovasi. Kemudian kebijakan yang dikomunikasikan dalam komunikasi organisasi proses produksi yaitu RRI Purwokerto yaitu wajib mengutamakan konten lokal, melestarikan budaya jawa Kawi dengan sistem apresiasi ke bahasa Banyumas, mendukung kebijakan pemerintah melestarikan budaya lokal dan menjadi wadah regenerasi seniman. RRI Purwokerto telah melakukan upaya untuk terus beradaptasi terhadap perubahan lingkungannya, upaya adaptasi tersebut diwujudkan dengan komunikasi yang baik dan efektif serta diaplikasikan dalam kebijakan organisasi.

KeywordsKomunikasi, Organisasi dan RRI Purwokerto
Citation Key2757
You are here