Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

KMPA FISIP UNSOED Gelar Aksi Donor Darah

Bertempat di depan Pendopo Mahasiswa, Senin 5 September 2016 KMPA (Korps Mahasiswa Pecinta Alam) FISIP bekerjasama dengan PMI Banyumas menyelenggarakan aksi Donor Darah. Acara ini terbuka bagi seluruh Civitas Akademika Fisip Unsoed, dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB. Dosen, Karyawan dan Mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan rutin ini.

Sebagian besar mahasiswa nampak antri mengikuti pendaftaran. Menurut petugas PMI bahwa persyaratan menikuti kegiatan donor darah adalah pendonor sehat jasmani berusia 17 hingga 65 tahun dan berat badan minimal adalah 45 kg. Selanjutnya pengukuran tekanan darah sistole 100-170, diastole 70-100 dan pengambilan sampel darah. Berfungsi untuk pengecekan golongan darah serta kadar haemoglobin. Setiap orang diperbolehkan menjadi pendonor apabila memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dl.
 
Selanjutnya pendonor memasuki mobil (bus) unit donor darah dengan peralatan lengkap. Terdapat dua orang perawat yang sigap dan komunikatif melayani para pendonor. Setiap perawat dapat menangani dua pasien pendonor secara bergantian. Saat pengambilan darah, sebuah jarum steril akan dimasukkan ke pembuluh darah vena pada lengan, selama 5-10 menit, darah akan disedot sebanyak 350 ml.

Ketua KMPA Fisip Edo Ricardiyanto berperan aktif dalam aksi donor darah ini. Mahasiswa Ilmu Politik angkatan 2012 ini melaporkan bahwa jumlah peserta donor darah sejumlah 46 orang, namun 12 orang diantaranya tidak dapat menjadi pendonor karena kadar haemoglobin dalam darah tidak mencapai angka standar. Bu Dwi Hastuti merupakan salah satu pendonor rutin di Fisip, bahkan hingga kini telah menjadi pendonor ke-34 kali. Sedangkan Iin mahasiswa Fisip telah menjadi pendonor sebanyak 16 kali secara rutin. Mereka sangat bangga turut berbagi dengan sesama “Donor Darah… Setetes Darah Anda, Nyawa Mereka”, tutur Iin bersemangat.

KMPA FISIP UNSOED, Maju Terus Pantang Menyerah !

 

You are here