Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

KKL Jurusan Ilmu Administrasi Negara Kaji Strategi Pembangunan Kota Malang dan Kabupaten Badung Bali

Sebanyak 109 mahasiswa angkatan 2011 Jurusan Ilmu Administrasi Negara mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ke Kota Malang Jatim dan Kabupaten Badung Bali. Rombongan diberangkatkan hari Minggu, 11 Mei 2014 pukul 16.00 WIB. Ketua Jurusan Ilmu administrasi Negara FISIP Dr. Sukarso, M.Si, berkenan mendampingi peserta KKL berserta 5 dosen pembimbing lapangan terdiri dari Prof. Dr. Paulus Israwan Setyoko, MS, Drs. H. Swastha Dharma, M.Si, Drs. H. Pawrtha Dharma, M.Si, Drs. Mahmud Setiahadi, M.Si, dan Drs. Darmanto Sahat Satyawan, M.Kes., M.Si.

Senin 12 Mei 2014 mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB mahasiswa mengkaji Kebijakan dan Manajemen Publik Pemerintahan Kota Malang. Mahasiswa mempelajari strategi pembangunan melalui visi dan misi untuk turut serta menghadapi berbagai masalah seperti pengentasan kemiskinan. Pemerintah dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, seperti halnya pelayanan publik berbasis e-government, yang bertujuan mengoptimalkan proses pelayanan kepada masyarakat.  Pembangunan tidak hanya berfokus pada satu masalah saja, ada hal lain yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan pembangunan itu sendiri, seperti penataan ruang kota, ruang terbuka hijau. Tidak heran apabila pada Desember 2013 Kementerian Lingkungan Hidup memberikan penghargaan Langit Biru 2013 kepada Kota Malang, untuk kategori kota besar. Sore harinya, rombongan melakukan studi banding dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.

Selanjutnya rombongan KKL, Selasa 13 Mei 2014 menuju Kabupaten Badung. Pada pukul 09.00 – 12.00 WITA mengikuti paparan ”Strategi Pembangunan Daerah Kabupaten Badung” di Kantor Pemerintah Kabupaten Badung. Ketertarikan mahasiswa berkaitan dengan Komitmen pemerintah Kab Badung dalam mewujudkan Perencanaan yang partisipatif, transparan dan akuntabel terbukti dengan Penghargaan Pangripta dari Pemprov Bali pada Maret 2014. Serta meraih peringkat tertinggi dalam penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi pemerintah (LAKIP) 2013 yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Adapun pokok kajiannya terdiri dari Prospek Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Peningkatan Mutu Pelayanan Pendidikan dasar dan  Strategi Pengembangan Parawisata.
Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ini ditutup dengan studi banding ke Program Studi Administrasi Negara FISIP Univ. Udayana, Bali. Pukul 13.00 – 16.00 WITA Mahasiswa akan berbincang mengenai atmosfer akademik, kagiatan ilmiah hingga kegiatan ektra kurikuler dalam pengembangan soft skill mahasiswa.

FISIP UNSOED, Maju Terus Pantang Menyerah !


 

You are here