Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Kajian Hiperrealitas Dalam Iklan (Studi Semiotik Tentang Iklan Operator Seluler 3 (Tri), Indosat Ooredoo dan XL Pada Papan Reklame di Jalan HR Boenyamin Purwokerto)

JudulKajian Hiperrealitas Dalam Iklan (Studi Semiotik Tentang Iklan Operator Seluler 3 (Tri), Indosat Ooredoo dan XL Pada Papan Reklame di Jalan HR Boenyamin Purwokerto)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsPamuji, Amat
Call NumberSOS.912
Other NumbersF1A013043
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published09/2017
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari ikon, indeks, dan simbol yang terkandung dalam iklan operator seluler 3¸Indosat Im3 Ooredoo, dan XL pada papan reklame di Jalan HR Boenyamin Purwokerto serta untuk mengetahui sisi hiperrealitas yang terkandung dalam iklan tersebut. Sasaran utama penelitian ini adalah iklan papan reklame terutama operator seluler 3, Indosat Im3 Ooredoo, dan XL yang berlokasi di Jalan HR Boenyamin Purwokerto. Iklan sebagai media pemasaran atau promosi memiliki tiga fungsi yakni informasi, persuasi, dan pengingat. Fungsi informasi adalah dimana iklan akan menginformasikan segala informasi tentang sesuatu yang diiklankan. Fungsi persuasi adalah fungsi dimana iklan akan membujuk atau mengajak konsumen untuk tertarik dengan barang yang diiklankan. Fungsi pengingat adalah dimana iklan memiliki fungsi untuk membuat orang akan terus ingan tentang produk yang diiklankan. Dalam upaya untuk membuat orang tertarik untuk membeli barang yang diiklankan inilah, para pembuat iklan akan senantiasa menggunakan cara – cara mereka sendiri. Kemajuan teknologi juga turut mempengaruhi banyaknya desain iklan saat ini. Namun orientasi pada target inilah yang kemudian membuat iklan kadang terkesan berlebihan atau hiperrealitas dalam mempromosikan produknya. Hal inilah yang kemudian membuat iklan terkadang terkesan tidak sesuai antara barang yang diiklankan dengan kenyataannya, sehingga timbulah iklan yang hiperrealitas atau tidak
sesuai dengan kenyataan. Lebih dari itu sebenarnya iklan banyak membawa pesan baik
tersirat maupun tersurat. Selain memberikan informasi seputar produk yang diiklankan iklan juga membawa realitas – realitas yang ada dalam kehidupan sosial saat ini. Pada kesimpulannya iklan akan selalu memiliki sisi hiperrealitasnya, hal ini dikarenakan iklan itu sendiri yang merupakan media yang digunakan untuk promosi sehingga pembuat iklan akan selalu membuat iklannya menarik dimata orang.

KeywordsHiperrealitas, Iklan, Operator Seluler
Citation Key3206
You are here