Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP Adakan Pelatihan SISTER

Jumlah dosen yang mengabdi di berbagai perguruan tinggi Indonesia sebanyak 271.280 dosen. Dengan jumlah yang begitu besar, dibutuhkan sebuah sistem pengelolaan data seluruh dosen Indonesia sehingga potensi dosen tersebut dapat dikelola dengan baik. Dalam rangka memudahkan perguruan tinggi, dosen, dan tenaga kependidikan, Direktorat jenderal Sumber Daya Iptek Dikti Kemenristekdikti telah membangun Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) yang mengakomodasi berbagai bisnis proses yang diperlukan. Aplikasi ini lahir sebagai upaya Kemenristekdikti dalam “menjernihkan” data dosen dalam sistem pendataan Kemenristekdikti.

Setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridarma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung. Seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut masih tercecer dan sulit ditemukan ketika dibutuhkan. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya. Hadir sebagai narasumber Acep Taryana, MT., staf pengajar Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman yang juga pengelola LPTSI dan Erwin Sunaryo, M.Si., dari Kepegawaian Unsoed.

Berkenaan dengan akan diimplementasikannya Sistem Informasi dan Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) di Perguruan Tinggi seluruh Indonesia maka para dosen di Jurusan Ilmu Administrasi Negara mengikuti pelatihan penggunaan SISTER. Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Rabu (25/04) diawali dengan penjelasan tentang pentingannya SISTER sebagai pangkalan data dari seluruh aktivitas tri dharma yang dilakukan oleh seluruh dosen. Seluruh data tersebut sudah diintegrasikan dalam satu aplikasi sehingga akan mempermudah seluruh dosen dalam melengkapi portofolio terkait aktivitas yang dilaksanakan. Pada acara sosialisai SISTER ini dihadiri oleh seluruh dosen di Jurusan Ilmu Administrasi Negara dengan harapan setelah pelatihan ini semua dosen mampu mengakses dan semakin familiar dengan sistem ini dan mampu melakukan update portofolio masing-masing secara mandiri.


 

Maju Terus FISIP Unsoed....Pantang Menyerah.....!!! (TY)

You are here