Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Interaksi Antar Penggemar Burung Pleci Di Purwokerto

JudulInteraksi Antar Penggemar Burung Pleci Di Purwokerto
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsR.S, Jefrian Hidayat
Call NumberSOS.813
Other NumbersF1A011030
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2016
Date Published09/2016
Abstract

Penelitian ini dilakukan di Purwokerto, lebih tepatnya di lokasi lomba burung pleci yang ada di Purwokerto. Kemudian, di Basechampsatau tempat berkumpulnya para penggemar burung pleci yang terbagi dalam 5 komunitas.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jumlah informan 5 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini mencari data dari penggemar burung pleci yang tergabung dalam komunitas penggemar burung pleci maupun yang tidak tergabung dalam komunitas penggemar burung pleci, melalui wawancara secara mendalam sehingga akan didapatkan data lisan atau tulisan yang kemudian akan dianalisis.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pola interaksi yang terjadi pada 5 penggemar burung pleci di Purwokerto adalah: Sharing setingan burung pleci di lokasi gantangan, kopdar (kopi darat) di basechamps komunitas penggemar burung pleci, transaksi burung pleci di lokasi gantangan, jual beli vitamin khusus burung pleci, dan sharing jadwal lomba burung pleci di media sosial facebook. Dengan kata lain, interaksi yang terjadi melalui dua cara yaitu interaksi primer (bertatap muka) dan interaksi sekunder (dengan perantara). Contoh interaksi primer misalnya: Sharing setingan burung pleci di lokasi gantangan, kopdar (kopi darat) di basechamps komunitas penggemar burung pleci, transaksi burung pleci di lokasi gantangan, jual beli vitamin khusus burung pleci. Sedangkan interaksi sekundernya misalnya: sharing jadwal lomba burung pleci di media sosial facebook.
Saran dari penelitian ini: 1. Bagi para penggemar burung pleci dapat mensosialisasikan tentang penangkaran burung pleci agar burung pleci tidak mengalami kepunahan. 2. Dengan adanya komunitas penggemar burung pleci diharapkan dapat menjadi wadah untuk para penggemar burung pleci dalam menyalurkan hobinya. 3. Rasa persaudaraan yang erat pada komunitas penggemar burung pleci diharapkan dapat menjadi contoh bagi komunitas penggemar burung lain.

KeywordsPenggemar Burung Pleci
Citation Key2846
You are here