Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Industri Kreatif Fashion (Studi Tentang Strategi Kelangsungan Hidup Kidal Kolektif)

JudulIndustri Kreatif Fashion (Studi Tentang Strategi Kelangsungan Hidup Kidal Kolektif)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsUtami, Restu
Call NumberSOS.708
Other NumbersF1A011056
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published06/2015
Abstract

laporan tentang bagaimana Kidal Kolektif sebagai industri kreatif yang berupaya untuk tetap menghidupi badan usahanya dengan berbagai strategi sesuai dengan idealisme yang mereka yakini. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi kelangsungan hidup dan idealisme Kidal Kolektif. Strategi kelangsungan hidup tertuang dalam proses pengelolaan dan berbagai kendala serta upaya yang dilakukan oleh Kidal Kolektif. Sasaran utama dalam penelitian ini adalah member dari Kidal Kolektif, yakni orang-orang yang tergabung dan berproses di dalamnya. Sedangkan sasaran pendukung dalam penelitian ini adalah perwakilan dari organisasi yang pernah terlibat kerjasama dengan Kidal Kolektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis dalam penelitian ini berpedoman pada model analisis interaktif.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi kelangsungan hidup yang dilakukan oleh Kidal Kolektif adalah dengan tetap memiliki keyakinan dan kepercayaan tentang apa yang ingin mereka wujudkan, membangun kemandirian ekonomi dalam gerakan dan bekerja sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan setiap individu untuk memenuhi kebutuhannya. Strategi kelangsungan hidup Kidal Kolektif dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan organisasi lain dengan bentuk sharing profit. Kendala terbesar yang ditemui dalam penelitian ini adalah hilangnya para member Kidal Kolektif karena memudarnya konsistensi mereka terhadap Kidal Kolektif dan segmentasi pasar yang terlalu sempit. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan menjalin kerjasama ke berbagai organisasi baik sebagai konsumen, membantu dalam hal produksi, distribusi hingga pemasaran. Bentuk idealisme yang mereka yakini adalah membangun badan usaha berbasis koperasi murni yang dibangun dengan kolektifitas anarkis. Kidal Kolektif itu sendiri merupakan wujud dari idealisme yang mereka yakini, yakni badan usaha yang berawal dari sebuah gerakan dan memiliki tujuan untuk membangun kemandirian ekonomi. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, hingga kini, Kidal Kolektif masih tetap konsisten dengan aspek-aspek yang mereka bangun dalam upaya mewujudkan apa yang mereka inginkan

KeywordsGerakan, Industri Kreatif, strategi
Citation Key2239
You are here