Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Implementasi Strategi Unit Pelaksana Teknis (Upt) Terminal bus ‘Bulupitu’ Purwokerto Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima

JudulImplementasi Strategi Unit Pelaksana Teknis (Upt) Terminal bus ‘Bulupitu’ Purwokerto Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsFuada, Indra
Call NumberANE P.042
Other NumbersF1B112039
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published10/2017
Abstract

Salah satu pelayanan yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari adalah pelayanan transportasi. Pelayanan transportasi diperlukan sebagai sarana interaksi atau penghubung antara kota dengan desa maupun antar warga. Pemerintah daerah diberi wewenang untuk melakukan perencanaan mengenai masalah lalu lintas dan angkutan jalan yang ada di wilayahnya. Dalam menjalankan wewenang yang diberikan oleh pemerintah pusat tersebut maka Pemerintah Kabupaten Banyumas membuat Perda No. 1 Tahun 2015 Tentang penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pemerintah Kabupaten Banyumas ingin mewujudkan kualitas pelayanan pada bidang lalu lintas yang bukan hanya aman, cepat, lancar, tertib, teratur dan nyaman tetapi juga ingin memberikan kemudahan bagi pengguna jasa transportasi untuk bepergian baik dari kota ke desa maupun sebaliknya, dengan melalui terminal sebagai pusat kendaraan umum. Dalam rencana strategis (renstra) Dishubkominfo Kabupaten Banyumas tahun 2013-2018 terdapat beberapa strategi yang harus dilakukan oleh UPT Terminal Bus Purwokerto untuk memberikan pelayanan yang optimal. Dalam hal ini UPT Terminal Bus Purwokerto mempunyai wewenang untuk melakukan implementasi (pelaksanaan) dari strategi yang di rumuskan oleh Dishubkominfo Banyumas dan bertanggung jawab kepada Dishubkominfo Banyumas. Penelitian ini memfokuskan pada implementasi strategi unit pelaksana teknis (UPT) Terminal Bus Bulupitu dalam mewujudkan pelayanan prima ditinjau dari aspek capaian sasaran tahunan, kebijakan organisasi, alokasi sumber daya, dan kesesuaian struktur. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah pegawai Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas yang bertugas di Unit Terminal Bus Purwokerto dan masyarakat pengguna jasa angkutan umum (kru bus, pedagang kios, masyarakat umum). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa Implementasi Strategi yang dilakukan UPT Terminal Bus Bulupitu sudah
dialkukan dengan baik dan mendukung strategi yang tertuang dalam renstra Dishubkominfo Banyumas. Hal tersebut di buktikan dengan sudah dilakukannya peningkatan dalam hal kualitas pelayanan, kemudahan aksesibilitas masyarakat, dan reformasi di bidang sarana dan prasarana perhubungan. Pembangunan berbagai inovasi pelayanan, seperti adanya Taman Lalu Lintas “Anak Bangsa”, Taman Bacaan Masyarakat, Ruang Laktasi, dan Zona Foto Selfie juga memberi nilai tambah bagi pelayanan di Terminal Bulupitu Purwokerto. Namun, kebersihan masih perlu di tingkatkan lagi, terutama terkait kebersihan fasilitas umum seperti ruang tunggu, WC, dan masjid.

SUMMARY
One of the most vital services in everyday life is the transportation service. Transportation services are needed as a means of interaction between the city and the village and between citizens. Local governments are authorized to plan on traffic and road transport issues in their territories. In carrying out the authority granted by the central government, the Government of Banyumas Regency made Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. The Government of Banyumas regency wishes to realize the quality of service in the field of traffic that is not only safe, fast, smooth, orderly, organized and comfortable but also want to provide convenience for transportation service users to travel either from city to village or vice versa, by terminal as vehicle center general. In the strategic plan (renstra) Dishubkominfo Banyumas Regency in 20132018 there are several strategies that must be done by UPT Terminal Bus Bulupitu Purwokerto to provide optimal service. In this case UPT Terminal Bus Bulupitu Purwokerto has authority to perform implementation (implementation) of strategy formulated by Dishubkominfo Banyumas and responsible to Dishubkominfo Banyumas. This study focuses on the Implementasi Strategi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Bus Bulupitu dalam mewujudkan pelayanan prima, in terms of achievement of annual goals, organizational policy, resource allocation, and structural suitability. This research method uses qualitative descriptive. The objectives of this research are the employees of the Dishubkominfo Kabupaten Banyumas who are assigned to the Unit Terminal Bus Purwokerto and the public users of public transport services (bus crews, vendors, the general public). Based on the results of research that has been done that Implementation Strategy by UPT Bulupitu Bus Terminal is good enough and supporting renstra Dishubkominfo Banyumas. This is evidenced by the improvements made in terms of service quality, accessibility of the community, and reforms in the field of facilities and infrastructure of transportation. The development of various service innovations, such as the Taman Lalu Lintas "Anak Bangsa", Taman Bacaan Masyarakat, Laktasi Room, and Selfie Photo Zone also provide value for services in Terminal Bulupitu Purwokerto. However, cleanliness still needs to be improved again, especially related to the cleanliness of public facilities such as waiting rooms, toilets, and mosques.

Keywords: Strategy Implementation, Service Excellence

KeywordsPelayanan Prima, implementasi strategi
Citation Key3218
You are here