Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Implementasi Pusat Layanan Internet Kecamatan (Studi Kasus di Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara )

JudulImplementasi Pusat Layanan Internet Kecamatan (Studi Kasus di Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara )
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsUtami, Noviyana Diyah
Call NumberANE.692
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2013
Date Published08/2013
Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Program Pusat Layanan Internet Kecamatan (Studi Kasus di Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara)”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Program Pusat Layanan Internet Kecamatan di Kecamatan Madukara. Program Pusat Layanan Internet Kecamatan merupakan kebijakan dalam bidang telekomunikasi yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk setiap kecamatan yang tersebar di Indonesia untuk meningkatkan kualitas melek akan teknologi dan informasi khususnya internet.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis interaktif dari Milles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Program Pusat Layanan Internet Kecamatan di Kecamatan Madukara gagal. Program PLIK di Kecamatan Madukara dikatakan gagal karena belum mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu membuka akses informasi masyarakat perdesaan yang pada kenyataanya belum semua desa di Kecamatan Madukara terkoneksi oleh akses informasi (internet) pada masyarakat perdesaan sehingga masih terjadi kesenjangan digital antara daerah perkotaan dan perdesaan. Hal ini tidak sejalan dengan Visi dari Kementerian komunikasi dan infomatika yaitu “connected” karena hanya 4 desa/kelurahan di Kecamatan Madukara yaitu Desa Blitar, Desa Bantarwaru, Desa Rejasa, Desa Petambakan yang terkoneksi internet. Dengan
kata lain 16 desa/kelurahan di Kecamatan Madukara belum terkoneksi dengan internet. Sehingga untuk mencapai target WSIS sebagai salah satu tujuan Program PLIK yaitu mewujudkan masyarakat informasi di tahun 2015 sangat jauh dari harapan.

KeywordsImplementasi Kebijakan, Internet., Telekomunikasi
Citation Key1242
You are here