Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Implementasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di desa Sudimara Kec.Cilongok

JudulImplementasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di desa Sudimara Kec.Cilongok
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsPurnaningsih, Novi
Call NumberANE.684
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2013
Date Published07/2013
Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya wilayah di Indonesia pada umumnya dan wilayah Kabupaten Banyumas pada khususnya yang masih mengalami kekurangan air bersih dan buruknya keadaan sanitasi. Salah satu desa di Kabupaten Banyumas yang mengalami kekeringan yang memprihatinkan pada musim kemarau dan mempunyai sanitasi yang buruk adalah Desa Sudimara di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Dibutuhkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Solusinya adalah dengan sebuah Program yang disebut dengan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana implementasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Sudimara Kecamatan Cilongok. Model implementasi kebijakan yang digunakan milik Merilee S. Grindle dengan aspek isi kebijakan dan lingkungan kebijakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisa deskriptif. Teknik pengambilan informannya adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data yang telah diperoleh, diuji dengan cara triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model analisa interaktif Miles dan Huberman.
Di dalam penelitian ini jenis manfaat yang dihasilkan telah mampu meningkatkan akses masyarakat Sudimara terhadap air minum dan sanitasi dengan pengelolaannya secara efektif. Derajat perubahan yang diharapkan adalah tercapainya tingkat kesehatan yang meningkat, karena PHBS yang semakin baik. Sumberdaya yang dilibatkan yaitu Pemerintah Desa, LKM, BPS, serta masyarakat Sudimara. Sumber daya yang lain yaitu sumber dana yang berasal dari swadaya in-cash dan in-kind masyarakat. Kemampuan dan daya tanggap pelaksana dapat dikatakan baik, dibuktikan salah satunya dengan respon yang cepat apabila timbul suatu masalah. Prestasi yang telah diraih oleh Sudimara harus dapat menjadi motivasi bagi agar ke depannya semakin baik, dan Sudimara juga dapat dijadikan desa percontohan atau studi banding bagi desa lain.

KeywordsPAMSIMAS, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), sanitasi
Citation Key1216
You are here