Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Implementasi Kebijakan Sistem E-Parking On Street Di Jalan Sabang Jakarta Pusat

JudulImplementasi Kebijakan Sistem E-Parking On Street Di Jalan Sabang Jakarta Pusat
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsLestari, Ana
Call NumberMAP.021
Other NumbersP2FB14025
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published05/2017
Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Kebijakan Sistem E-Parking On Street di Jalan Sabang Jakarta Pusat”. Kebijakan sistem e-parking on street merupakan kebijakan yang bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan, seperti mengurangi kemacetan lalu lintas yang berakar dari peningkatan jumlah kendaraan setiap tahunnya yang berdampak pada parkir liar karena keterbatasan lahan parkir, mengurangi angka kebocoran anggaran yang berasal dari retribusi parkir, mewujudkan cash less society serta merubah budaya disiplin masyarakat menuju Jakarta Smart City. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan sistem e-parking on street di Jakarta Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pemilihan informan purposive sampling dan aksidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman dan keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu implementasi kebijakan sistem eparking on street di Jalan Sabang
Jakarta Pusat telah berjalan dengan cukup baik meskipun masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya. Hal ini dapat dirinci dari ke lima aspek yang diadaptasi dari teori Ripley dan Franklin (1986) : 1) Resource acquisition, kualifikasi tingkat pendidikan pegawai Unit Pengelola Perparkiran tergolong rendah dan secara kuantitas belum cukup ideal, terkait pengawasan Unit Pengelola Perparkiran belum dapat memanfaatkan sumber daya yang ada secara maksimal. Sedangkan sumber daya finansial yaitu dengan merangkul pihak swasta yaitu PT. Mata Biru sebagai operator pelaksana untuk penyediaan fasilitas dan sarana penunjang parkir. 2) Interpretation, intensitas komunikasi yang dilakukan oleh Unit Pengelola Perparkiran dengan petugas parkir masih kurang, dan sosialisasi kebijakan sudah dilakukan melalui media massa, elektronik, on the spot pada saat launching pertama kali. 3) Planning, perencanaan dilakukan dalam hal penetapan tujuan dan strategi untuk mencapai tujuan. Tujuan yang ditetapkan dari kebijakan ini sudah sangat bagus, dan strategi yang dilakukan melalui beberapa program sudah berjalan dengan cukup baik. 4) Organizing, dilihat dari adanya pembagian fungsi antara fungsi regulator dan operator, dan koordinasi yang dilakukan antar badan pelaksana sudah berjalan dengan cukup baik. 5) Providing benefits and services, dalam implementasinya masih dapat pelanggaran yang dilakukan oleh petugas parkir seperti menerima uang cash atau tidak melakukan pembayaran ke mesin parkir elektronik.

KeywordsImplementasi Kebijakan, parkir elektronik, sistem
Citation Key3114
You are here