Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Implemenentasi Kebijakan Jalur Sepeda di Kota Purwokerto

JudulImplemenentasi Kebijakan Jalur Sepeda di Kota Purwokerto
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsHERNOWATI, RAHMATIKA NURUL
Call NumberANE.716
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2013
Date Published09/2013
Abstract

Kebijakan jalur sepeda di Kota Purwokerto masih diabaikan dalam penerapannya. Jalur khusus yang diperuntukkan untuk lalu lintas pengguna sepeda ini justru dialih fungsikan dari kegunaan aslinya dan belum dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna sepeda sehingga implementasi kebijakan jalur sepeda di Kota Purwokerto terkesan belum optimal. Maka dari itu perlu dikaji lebih lanjut implementasi kebijakan jalur sepeda tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan jalur sepeda di Kota Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pemilihan informan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif Milles dan Huberman dan keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan jalur sepeda di Kota Purwokerto belum optimal. Tahapan-tahapan implementasi kebijakan jalur sepeda tersebut di lapangan ternyata tidak berjalan secara optimal. Sosialisasi kebijakan jalur sepeda yang telah dilakukan belum memberikan hasil yang maksimal karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui dan memahami adanya kebijakan jalur sepeda di Kota Purwokerto. Implementasi kebijakan jalur sepeda di Kota Purwokerto masih pada tahapan penerapan kebijakan tanpa sanksi. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pelanggaran yang terjadi tidak dikenai sanksi secara tegas. Selain itu, aturan tentang jalur sepeda di Kota Purwokerto masih lemah. Sebagian besar kelompok sasaran dan stakeholder lain memberikan respon positif dengan adanya kebijakan jalur sepeda di Kota Purwokerto. Namun, di sisi lain masih ada keluhan dengan adanya kebijakan jalur sepeda di Kota Purwokerto. Pihak-pihak tersebut adalah pengguna sepeda, tukang parkir, pelaku usaha dan pengendara kendaraan roda empat. Pengguna sepeda mengeluhkan jalur sepeda yang digunakan untuk tempat parkir. Pelaku usaha dan tukang parkir mengeluh dari segi ekonominya sedangkan pengendara kendaraan roda empat lebih mengeluhkan pada fasilitas parkirnya.

KeywordsImplementasi Kebijakan, jalur sepeda
Citation Key1315
You are here