Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

IDENTITAS DIALEK BANYUMAS DALAM PERGAULAN MAHASISWA (Studi Deskriptif Tentang Perubahan Dialek Banyumasan Melalui Komunikasi Antarpersona Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman)

JudulIDENTITAS DIALEK BANYUMAS DALAM PERGAULAN MAHASISWA (Studi Deskriptif Tentang Perubahan Dialek Banyumasan Melalui Komunikasi Antarpersona Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsNURDIANA, RIZKI
Call NumberKOM.879
Other NumbersF1C013037
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published12/2017
Abstract

Penelitian ini berjudul Identitas Dialek Banyumas dalam Pergaulan Mahasiswa (Studi Deskriptif tentang Perubahan Dialek Banyumasan Melalui Komunikasi Antarpersona pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perubahan identitas Budaya atau dialek Banyumasan yang dilakukan mahasiswa ilmu komunikasi melalui komunikasi antarpersona, serta faktor atau motif yang melatarbelakanginya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2013. Informan dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan memadukan wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin jarang terdengarnya penggunaan bahasa dialek Banyumasan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi yang dikampus FISIP yang disebabkan oleh stereotip mengenai dialek ngapak, maka komunikasi yang terjadi antara mahasiswa yang berasal dari Banyumas dengan mahasiswa perantau bukan menggunakan bahasa Banyumasan melainkan menggunakan bahasa gaul, para informan merasa lebih percaya diri dengan menggunakan bahasa gaul daripada saat menggunakan bahasa Banyumasan.

KeywordsDialek Banyumasan, Komunikasi Antarbudaya, Pergaulan Mahasiswa
Citation Key3311
You are here