Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Hubungan Internasional FISIP Hadirkan Budiman Sudjatmiko, M.Sc., M.Phil., Berikan Kuliah Umum

Bertempat di ruang sidang Jurusan Hubungan Internasional, Senin (13/3), Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unsoed menyelenggarakan Kuliah Umum “Menuju Ekonomi Digital”. Hadir sebagai pembicara adalah  Budiman Sudjatmiko M.Sc, M.Phil., AnggoTa  DPR RI Komisi II 2014- 2019. Kuliah Umum dihadiri oleh Para Wakil Dekan, dosen , dan Mahasiswa Fisip Unsoed.

Dalam sambutannya, Dekan Fisip Dr. Ali Rokhman, sangat mengapresiasi diselenggarakannya kuliah umum ini, karena masalah perekonomian  menjadi masalah bersama dan sangat mudah memicu timbulnya konflik, apalagi dijaman yang serba digital saat ini. Dengan tema yang sangat menarik ini beliau berharap kepada para dosen dan khususnya bagi mahasiswa untuk bisa mengikuti kuliah umum sehingga ada transfer knowledge antara tataran praktis dan akademis.

Dalam pengantarnya, Budiman Sudjatmiko M.Sc, M.Phil mengatakan, bahwa pada kuliah umum ini, tidak akan digunakan teori HI klasik yang menjadikan negara sebagai aktor utama. Karena negara tidak dapat diletakan pada posisi hubungan internasional, melainkan hanya dalam posisi global. Revolusi teknologi mengubah secara fundamental seluruh segi  kehidupan masyarakat, mulai cara hidup, bekerja, berinteraksi hingga institusi social, ekonomi dan politik. Revolusi teknologi telah mendorong revolusi ekonomi politik.Pada perekonomian zaman kolonial, dapat diasumsikan sebagai perekonomian yang menghisap, dimana ada tuan dan budak, tetapi pada perekonomian masa kini, lebih seperti ketergantungan, bagaimana suatu negara merdeka secara politik tetapi tidak merdeka secara ekonomi.


Trend global, seperti sharing ekonomi atau kolaborasi ekonomi dan produksi, telah membangun kerangka system di era digital menjadi participatory market society. Dengan karakteristik berbasis jaringan, desentralisasi, keberagaman dan partisipasi public. Sehingga desa mampu menuju ekonomi global melalui ekonomi digital, yang berbasis pada kreativitas, inovasi dan kolaborasi. Desa dapat membangun kekuatan produksinya sendiri dan dapat menggerakan roda perekonomiannya sendiri sehingga dapat memasuki ekonomi global. Kesetaraan Akses teknologi untuk desa dan kolaborasi antar desa dan dunia, akan mempercepat berkurangnya kemiskinan dan kemajuan desa.
 

Fisip Unsoed, Maju Terus Pantang Menyerah.....!
 

You are here