Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

HMJ ADMINISTRASI NEGARA FISIP UNSOED

Temu AdMI (Temu Administrator Muda Indonesia) forum diskusi mahasiswa program studi Ilmu Administrasi Negara/Publik se-Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar program studi Ilmu Administrasi Negara/Publik yang ada di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk memperkaya ilmu pengetahuan dan bertukar pikiran mengenai isu-isu yang sedang berkembang, serta berusaha mencari solusi tentang permasalahan yang ada sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Temu AdmI 2018 kali ini diselenggarakan di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Selatan, pada tanggal 14-19 Oktober 2018 lalu. Kegiatan ini diikuti oleh 37 universitas se Indonesia.

Agenda utama dari Temu AdMI yaitu adanya penelitian yang dilakukan oleh masing-masing universitas, seminar nasional, Focus Group Discussion (FGD), Public Hearing, serta sidang Temu AdMI. Temu AdMI kali ini mengangkat tema besar “Administrator Muda Mendorong Terwujudnya Smart Collaborative Governance dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah” dengan enam cluster, yaitu Smart Community Governance, Smart Public Service, Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Membangunan Pemerintah Daerah yang Kompetitif, Linking Government, Environment Government.

Acara pembukaan (15/10) diadakan di Gedung Pemerintah Padang. Di hari yang sama, diadakan agenda Seminar Nasional yang mengusung tema “Collaborative Governance” lalu dilanjutkan dengan Diskusi Cluster. Untuk delegasi Unsoed sendiri terwadahi dalam Cluster 1 tentang Smart Community Governance. Pada sesi tersebut, masing-masing delegasi saling berargumen dalam mempresentasikan hasil penelitian yang dibawakan. Dan pada malam harinya dilanjutkan dengan sesi perembukan hasil diskusi cluster terkait dengan rekomendasi apa sajakah yang akan diajukan pada sesi Public Hearing kepada stakeholder terkait untuk agenda esok hari.

Pada keesokan harinya (16/10), diadakan Public Hearing yang mana stakeholder akan mendengarkan dan menguapayakan untuk mengimplementasikan mengenai rekomendasi dari hasil penelitian yang telah para delegasi diskusikan. Pada malam harinya, Musyawarah Besar menjadi agenda yang tidak kalah penting. Dalam forum itu, dipaparkan evaluasi pelaksanaan Temu AdMI 2018, penentuan tema penelitian dan tuan rumah untuk Temu AdMI 2019.

Forum itu dilanjutkan keesokan harinya, dan di penghujung malam diadakan Gala Dinner dan pengumuman awarding di Gedung Pemerintahan Padang. Pada Kamis, 18 Oktober 2018, agenda field trip salah satu destinasi yang dituju ialah Museum Adityawarman.

Delegasi HMJ AN FISIP Unsoed diwakili oleh Pratama Maulana Y (2017), Qembig Al Gezon (2017), Melinda Febriani (2017), Rima Rahmawati Putri (2016) dan Sri Iwandari Putri (2016). Hasil penelitian yang akan dipresentasikan pada cluster Smart Collaborative Governance adalah “Banyumas Kreatif dalam Pengembangan Potensi Ekonomi Kreatif Berbasis Komunitas di Kabupaten Banyumas”. Untuk agenda Temu adMI 2019, telah disepakati bertema “Pemerintahan yang Dinamis”. Direncanakan diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret. Pada pertemuan Temu AdMI 2018, Universitas Jenderal Soedirman mendapatkan award sebagai Best Delegation (Delegasi Terbaik).

You are here