Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Gerakan Mahasiswa di Indonesia (Representasi Kekuatan Politik Mahasiswa Untuk Melawan Rezim Orde Baru Dalam Foto-Foto Dokumentasi Peristiwa Mei 1998)

JudulGerakan Mahasiswa di Indonesia (Representasi Kekuatan Politik Mahasiswa Untuk Melawan Rezim Orde Baru Dalam Foto-Foto Dokumentasi Peristiwa Mei 1998)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsYudhasaputra, Try Dharmawan
Call NumberPOLS.267
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto, Jawa Tengah
Year of Publication2013
Date Published03/2013
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memahami dan mendeskripsikan gerakan mahasiswa di Indonesia dalam foto-foto dokumentasi Peristiwa Mei 1998; 2) mengetahui dan menjelaskan gerakan mahasiswa Indonesia dalam foto-foto dokumentasi Peristiwa Mei 1998 yang merepresentasikan kekuatan politik mahasiswa pada saat itu untuk melawan rezim Orde Baru. Melalui paradigma dekonstruksionisme dan perspektif pascastruktural, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan semiotika sebagai pendekatannya. Berdasarkan pendekatannya, maka data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan teknik analisis semiotika dari Roland Barthes.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa fenomena gerakan mahasiswa Indonesia dapat diteliti melalui foto, seperti yang terdapat dalam foto-foto dokumentasi Peristiwa Mei 1998. Selain itu, hasil penelitian tersebut juga membuktikan bahwa gerakan mahasiswa dalam foto-foto dokumentasi Peristiwa Mei 1998 merepresentasikan gerakan perlawanan terhadap Rezim Orde Baru. Melalui foto-foto yang menjadi sasaran dalam penelitian tersebut, bentuk-bentuk gerakan yang terlihat adalah gerakan demonstrasi secara masif, gerakan konfrontasi dengan pihak aparat keamanan, gerakan penggalangan massa dengan rakyat, dan gerakan pemboikotan fasilitas negara. Bentuk-bentuk gerakan tersebut merepresentasikan kekuatan politik mahasiswa dalam melawan dan menumbangkan rezim Orde Baru tersebut. Kekuatan politik mahasiswa itu sendiri terbagi menjadi dua peta kekuatan, yaitu kekuatan moral dan kekuatan massa.

Keywordsfoto dokumentasi, gerakan mahasiswa, kekuatan politik, representasi, rezim orde baru
Type of WorkUndergraduate Thesis
Citation Key1175
You are here