Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Geliat Program Studi S2 Sosiologi FISIP, Hadirkan Pakar Sosiologi Unair

Seteleh hampir dua semester melaksanakan aktivitas perkuliahan, Program Studi S2 Sosiologi berupaya memberikan bekal lebih kepada mahasiswanya. Kemampuan pengetahuan dan analisis social mahasiswa Program Studi S2 Sosiologi perlu ditingkatkan tidak hanya melalui kegiatan perkuliahan , tetapi juga seminar dan lokakarya. Bertempat di Ruang Sidang FISIP Unsoed, Program Studi S2 Sosiologi beberapa waktu yang lalu menyelenggarakan seminar akademik sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan analisis mahasiswanya dengan tema Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Gender. Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Emy Suyanti, MA., dari Universitas Airlangga yang menyampaikan dua materi yaitu teori sosiologi gender dan pendekatan pembangunan dalam perspektif gender.

Menurut Katua Panitia Dr. Ign. Suksmadi, Kehadiran pakar lain diharapkan akan menambah penguasaan pengetahuan dan analisis mahasiswanya pada konsentrasi peminatan pemberdayaan masyarakat dan sosiologi pendidikan. “Kehadiran pakar lain, bisa memberikan suasana yang berbeda dalam penyampaian materi dan sudut pandang keilmuan yang berbeda, sehingga bisa memperluas wawasan pengetahuan dan daya analisis mahasiswa,” tegasnya.

Mengawali paparannya Prof. Dr. Emy Suyanti, MA., menyatakan benarkah salah satu institusi social yang tertua dan terkuat didunia adalah relasi gender. Pada dasarnya hubungan social antara manusia khususnya laki-laki dengan perempuan ada sejak manusia itu lahir, karena hubungan social itu terbangun karena adanya saing mebutuhkan, baik pada sector domestik maupun publik. Hanya dalam penerapannya sering mengalami deminimalisasi tapi juga maksimalisasi, artinya relasi gender dapat diubah dan berubah, yang berbeda dari waktu kewaktu. "Hal ini akan berpengaruh pada peran perempuan dalam pembangunan, untuk itu perlu pemberdayaan. Pemberdayaan perempuan bisa dilakukan dalam tiga bentuk yaitu Women in Development, Women and Development dan Gender and Development", pungkasnya

Maju Terus FISIP Unsoed....Pantang Menyerah....!!!.

You are here