Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Fenomena Fanatisme Suporter Klub Sepak Bola Eropa di Purwokerto

JudulFenomena Fanatisme Suporter Klub Sepak Bola Eropa di Purwokerto
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsWibawa, Maulana Ady
Call NumberF1A009055
Other NumbersSOS.599
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2013
Date Published12/2013
Abstract

Supporter sepak bola melakukan banyak hal atau tindakan yang menunjukan bahwa supporter atau “kami” ada karena untuk mendukung klub sepak bola yang dicintainya dalam setiap pertandingan yang dijalani. Supporter selalu ingin memberikan dukungannya yang terbaik untuk klub yang didukungnya dengan berbagai cara atau tindakan.
Penelitian ini berjudul “Fenomena Fanatisme Supporter Klub Sepak Bola Eropa di Purwokerto” yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman supporter klub sepak bola Eropa di Purwokerto tentang fanatisme dan bentuk fanatisme supporter klub sepak bola Eropa di Purwokerto. Sasaran penelitian ini adalah supporter klub sepak bola Eropa yang pernah mengikuti kegiatan atau acara supporter klub sepak bola Eropa di Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Analisa data dilakukan dengan teknik analisis interaktif yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.`
Hasil penelitian menunjukan bahwa supporter klub sepak bola Eropa di Purwokerto memahami fanatisme adalah mendukung klub sepak bola kesayangannya dengan loyalitas yang luar biasa dan melakukan apa saja buat klub yang kita support dengan total. Sedangkan bentuk fanatisme supporter klub sepak bola Eropa di Purwokerto adalah antusiasme/semangat supporter klub sepak bola Eropa di dalam mendukung klub sepak bola kesayangan tidak boleh berlebihan dan memberi dukungan ke klub sepak bola kesayangannya sesuai dengan aturan dan memberi motivasi yang berdampak positif. Solidaritas antara supporter di setiap supporter klub sepak bola Eropa di Purwokerto yang tinggi menimbulkan rasa solidaritas kelompok hingga sudah dapat menjadi seperti keluarga sendiri. Tindakan kurang waras (proporsional) dari supporter klub sepak bola Eropa di Purwokerto hanya untuk euphoria saja. Indoktrinasi supporter klub sepak bola Eropa di Purwokerto memiliki dua fenomena yaitu antara inisiatif sendiri dan didoktrin.
Saran dari penelitian ini adalah pertama, Fanatisme sebagai paham atau keyakinan sebaiknya jangan disalah artikan atau jangan sampai berlebihan, sebaiknya Fanatisme itu diubah menjadi kekeluargaan. Kedua, Antusiame di dalam mendukung klub sebaiknya memberikan motivasi yang positif dan mendukungnya tetap sesuai dengan aturan untuk menjaga kenyamanan bersama. Ketiga, Solidaritas antar supporter yang erat dan tinggi ini seharusnya dapat menciptakan suatu kegiatan yang baru di luar konteks sepak bola. Keempat, Tindakan kurang waras yang dilakukan oleh supporter sebaiknya meluapkan rasa emosi serta menunjukan ekspresi yang positif dan bukan yang negatif yang dapat merugikan orang lain. Kelima, Berharap ada yang mampu atau mencoba untuk membentuk supporter klub sepak bola Eropa di Purwokerto yang belum ada, tetapi seseorang yang ingin membentuknya memang dasarnya mencintai atau mengidolakan klub sepak bola yang belum ada supporter klub sepak bola Eropanya di Purwokerto agar supporter klub sepak bola Eropa di Purwoketo ini semakin ramai dan eksis lagi.

Keywords-
Citation Key1432
You are here