Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Facebook dan Konstruksi Identitas (Studi Terhadap Penayangan Gambar dan Status di Jejaring Sosial Facebook)

JudulFacebook dan Konstruksi Identitas (Studi Terhadap Penayangan Gambar dan Status di Jejaring Sosial Facebook)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSalsabilla, Dinda Putri
Call NumberSOS.754
Other NumbersF1A010055
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published12/2015
Abstract

Facebook hadir sebagai jejaring sosial yang menawarkan media yang mempermudah
masyarakat dalam berkomunikasi melalui fitur-fiturnya yang mudah digunakan dan juga
menarik. Facebook tidak hanya dimanfaatkan sebagai media untuk berkomunikasi, mendapatkan informasi belaka namun juga memberikan wadah bagi penggunanya mengekspresikan diri serta bersosialisasi didalamnya. Bahkan pengguna facebook dapat menggunakannya untuk mengonstruksi identitas diri dengan pengguna lainnya yang seolah-olah sedang beriteraksi di dunia nyata. Aktifitas maupun tanggapan pengguna lain dalam facebook menunjukan eksistensi pengguna yang mana menunjukan bagaimana pandangan orang lain terhadap apa yang diposting oleh si pengguna facebook.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi identitas pengguna facebook di kalangan mahasiswa Universitas Jendral Soedirman saat menayangkan gambar dan status di jejaring sosial facebook. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang dianggap paling tepat dalam penelitian ini karena yang menjadi subyek penelitian adalah para pengguna facebook. Penelitian ini berusaha memberikan gambaran mengenai bagaimana konstruksi identitas pengguna facebook pada saat menayangkan gambar dan status di dinding facebook. Konstruksi identitas yang digambarkan bermaksud menangkap apa fungsi dan pengaruh dari jejaring sosial facebook bagi seseorang atau masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti mengamati langsung bagaimana fenomena jejaring sosial facebook.
Hasil dari penelitian ini yaitu kontruksi identitas pada jejaring sosial facebook di tampilkan melalui gambar dan status, dan juga fitur-fitur lain seperti catatan (note), like, dan lain sebagainya. Postingan dalam gambar biasanya menggambar sosok seperti apa mereka melalui pakaian, aksesoris, barang yang di bawa, kendaraan hingga lokasi dimana foto itu diambil.Postingan dalam status menggambarkan maksud pengguna mengunggkapkan suatu hal yang biasanya ditunjukan untuk seseorang. Kemudian identitas merupakan sesuatu yang dibentuk terus menerus, karena selama pengguna masih menggunakan jejaring sosial facebook maka identitas harus terus dilanjutkan sampai pengguna memutuskan untuk berhenti menggunakan jejaring sosial tersebut. Begitu pun dalam hidup bermasyarakat, selama masih hidup bermasyarakat seseorang perlu melanjutkan identitasnya secara terus menerus, kecuali seseorang tersebut memilih untuk memisahkan diri dari kehidupan bermasyarakat.

Keywords-
Citation Key2521
You are here