Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

: Eksistensi Warnet di Tengah Majunya Teknologi Informasi Seluler di Kecamatan Purwokerto Utara.

Judul: Eksistensi Warnet di Tengah Majunya Teknologi Informasi Seluler di Kecamatan Purwokerto Utara.
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsHudianto, Sofa M.
Call NumberF1A007057
Other NumbersSOS.604
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2013
Date Published12/2013
Abstract

Pengguna internet di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun dengan persentase peningkatan yang luar biasa. Hal tersebut menyebabkan menjamurnya warnet saat ini, bahkan kurang lebih tiga tahun ini jaringan telekomunikasi seluler beramai-ramai ikut menjarah peluang pasar ini. Dalam perkembangannya, ini menjadi permasalahan yang cukup besar untuk para pelaku bisnis warnet. Selain mereka bersaing antar para pengusaha warnet, mereka juga harus bersaing dengan handphone (HP) dan modem. Para pengusaha warnet tentunya memiliki strategi khusus dalam mempertahankan eksistensi usahanya. Penelitian ini untuk mengungkapkan Bagaimanakah sikap dan strategi para pengusaha warnet dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi seluler di Kecamatan Purwokerto Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dengan demikian peneliti dapat menggali lebih dalam informasi karena penelitian kualitatif dilakukan secara intensif sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Teknik pengambilan informan yang digunakan adalah purposive sampling.
Ada hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mempertahankan eksistensi warnet beberapa kendala yang harus dihadapi yaitu berkembangnya teknologi komunikasi seluler, maraknya akses internet gratis di tempat umum, bertambahnya saingan, kenaikan TDL (Tarif Dasar Listrik) dan keadaan pengunjung yang tidak stabil. Pengusaha warnet yang masih dapat bertahan sampai saat ini memiliki beberapa strategi khusus yaitu seperti mengandalkan game online, buka selama 24 jam, memberi harga promosi, mengutamakan kenyaman tempat dan pelayanan, meningkatkan dan menjaga kualitas perangkat, mengadakan acara , serta penghematan biaya operasional.
Untuk mempertahankan usahanya dari gempuran-gempuran kendala yang terjadi pengusaha warnet harus memiliki kreativitas yang tinggi serta kesabaran dan ketekunan untuk mempertahankan usahanya. disamping itu dibutuhkan perhitungan yang matang untuk menentukan strategi dan cara yang tepat untuk membuat warnetnya ramai pengunjung.

Keywords-
Citation Key1437
You are here