Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Efektifitas Pelayanan Organisasi (Studi Efektifitas Pelayanan KTP di Kecamatan Kroya)

JudulEfektifitas Pelayanan Organisasi (Studi Efektifitas Pelayanan KTP di Kecamatan Kroya)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsEKOWATI, YUNI
Call NumberANE.670
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2012
Date Published07/2013
Abstract

Undang-undang nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan merupakan dasar diterbitkannya Nomor Induk Kependudukan (NIK) mempertegas fungsi dan tujuan diberlakukannya KTP (KartuTandaPenduduk). Pelayanan KTP di Kecamatan Kroya diselenggarakan dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) serta pada bulan April tahun 2012 telah dilaksanakan pula penerapan e-KTP yang dilandasi dengan UU nomor 35 Tahun 2010 tentang cara dan teknik pembuatan e-KTP. Sistem pelayanan KTP semakin berkembang dengan penggunaan system informasi yang semakin meningkat sedangkan SDM cukup terbatas serta jumlah penduduk wajib KTP yang cukup banyak. Maka dari itu penelitian ini memfokuskan untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas pelayanan KTP di Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan efektivitas pelayanan KTP di Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data yang telah diperoleh diuji dengan cara triangulasi sumber.
Setelah diadakan penelitian tentang efektivitas pelayanan KTP di Kecamatan Kroya berdasarkan pada model proses internal yang terdiri dari aspek pengelolaan informasi dan komunikasi, partisipasi dalam pembuatan keputusan dan perencanaan serta pengawasan dalam pelaksanaan tugas telah menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan KTP di Kecamatan Kroya cukup efektif dengan dikelolanya ketiga aspek tersebut dengan cukup baik ditunjang dengan pengawasan yang dilakukan oleh internal kecamatan, pusat serta masyarakat.

Keywordsefektivitas, organisasi, pelayanan
Citation Key1169
You are here