Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Dramaturgi Cosplayer pada Komunitas Jepang Kanezu Cosuki di Purwokerto

JudulDramaturgi Cosplayer pada Komunitas Jepang Kanezu Cosuki di Purwokerto
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSaraswati, Cristanti Linda
Call NumberKOM.713
Other NumbersF1C008005
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published09/2015
Abstract

Skripsi ini berjudul “Dramaturgi Cosplayer pada Komunitas Jepang Kanezu Cosuki di Purwokerto”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana front stage dan back stage cosplayer yang tergabung dalam komunitas Kanezu Cosuki. Penelitian ini berlokasi di Purwokerto. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu informan dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu, yaitu berusia antara 18 hingga 24 tahun, dan memiliki pengalaman cosplay minimal 2 tahun.
Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan sebagai cosplayer dijalani oleh informan diluar jam akademis. Kehidupan sebagai pelajar dan cosplay dijalani secara terpisah. Di satu sisi, informan menjalani kehidupan akademisnya dengan fokus dan serius tanpa adanya “sekat” bahwa dirinya adalah cosplayer, dan kehidupan sebagai cosplayer dijalani sebagaimana mestinya. Di sisi lain, kehidupan sebagai cosplayer dijadikan sebagai batu loncatan untuk menambah link pertemanan, sarana mengekspresikan diri, ajang eksistensi diri atau pun sebagai tempat pelarian dikala penat dengan masalah di front stage.
Cosplay merupakan kegiatan yang positif untuk mengasah kreatifitas dan daya imajinasi seseorang, dimana cosplayer dituntut untuk dapat memerankan tokoh yang tidak nyata. Kehidupan front stage dan back stage harus diupayakan secara maksimal. Saran yang dapat diberikan peneliti secara umum yaitu cosplayer sebaiknya tidak terbawa arus dan tetap menjaga serta melestarikan eksistensi kebudayaan Indonesia.

Keywordsback stage 16, Cosplay, Dramaturgi, front stage
Citation Key2419
You are here