Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Dosen HI Unsoed Dampingi Pengrajin Gerabah di Desa Pejagatan Kebumen

Salah satu tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengebdian Kepada Masyarakat, yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen yang ada didalamnya. Terkait dengan hal tersebut, dosen Hubungan Internasional FISIP UNSOED memberikan pendampingan pada pengrajin gerabah di Desa Pejagatan, Kutowinangun, Kebumen yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB). Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan tridarma yaitu pengabdian pada masyarakat berbasis riset. Riset pengembangan gerabah telah dilakukan pada tahun 2016 dengan tim Tunjung Linggarwati, M.Si dan Dr. Agus Haryanto, “Sehingga kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari hasil riset tahun lalu”, jelasnya.

Tim pendampingan terhadap pengrajin gerabah dipimpin oleh Dr. Agus Haryanto, dengan anggota Renny Miryanti, M.Si dan Soni Martin Anwar, MA. Sumber dana pendampingan ini berasal dari BLU Unsoed tahun kedua. Tahun pertama, tim fokus pada penguatan KUB yang dipimpin oleh Ibu Marfungah, dalam hal peningkatan kualitas produk.

Pada tahun kedua ini, untuk mendukung keberhasilan KUB, tim pendamping berencana fokus pada pemasaran gerabah. Untuk itu, tim telah menggandeng PLUT, dinas pariwisata, dan  pihak - pihak terkait untuk menyukseskan program tersebut. Terkait dengan hal tersebut tim memberikan pelatihan pengelolaan KUB dengan menghadirkan KUB Pringmas pada bulan Mei lalu. Dan pada tanggal 14 September lalu, tim menghadirkan Mbak Yanti, ketua KUB keramik sekaligus pengusaha keramik dari Klampok. Selain itu, tim memberikan bantuan alat kepada KUB meliputi dua unit komputer, printer, etalase, filling kabinet, dan lain - lain. Penyerahan bantuan alat disaksikan oleh Bapak Misdal dari PLUT.

Maju Terus FISIP Unsoed....Pantang Menyerah...!!!

You are here