Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Demam Barang Fesyen Bermerek (Studi Tentang Motivasi Penggunaan Barang Fesyen Bermerek di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto)

JudulDemam Barang Fesyen Bermerek (Studi Tentang Motivasi Penggunaan Barang Fesyen Bermerek di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto)
Publication TypeStudent Thesis
Authorsdi Universitas, Demam Barang Fesyen Bermerek(Studi Tentang Motivasi Penggunaan Barang Fesyen Bermerek Kalangan Mahasiswa FISIP
Call NumberSOS.782
Other NumbersF1A009059
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2016
Date Published03/2016
Abstract

Gaya hidup modern dan konsumtif barang bermerk menjadi suatu fenomena di kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman. Gaya hidup ini bukan hanya dijalani oleh mahasiswa yang memiliki uang saku berlebih, karena mahasiswa kelas menengah bahkan bawah pun mengikuti gaya hidup konsumtif akibat tuntutan pergaulan,sehingga sebagian besar mahasiswa masa kini lebih mementingkan keinginannnya. Mahasiswa adalah kaum intelektual, oleh karena itu sudah seharusnya dapat memfilter gaya hidup yang konsumtif dengan mengutamakan tampilan permukaan dan benda bermerek.
Penelitian ini mencoba mengkaji motivasi penggunaan barang bermerek menjadi gaya hidup mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi wawasan ilmiah dalam dunia ilmu Sosiologi terutama berkaitan dengan Sosiologi Konsumsi yaitu gaya hidup mengenai motivasi penggunaan barang beremerek di lingkungan mahasiswa dan mahasisiwi. . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah wawancara mendalam (indepth intervew), observasi dan dokumentasi, lalu kemudian dianalisis dengan model analisis interaktif dari Milles dan Huberman, validitas data menggunakan triangulasi data sumber. Penelitian ini akan dilakukan di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Sasaran utama dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP pemakai barang fesyen bermerek di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman yang masih aktif dalam mengikuti aktivitas akademik di kampus.

Hasil penelitian studi terkait barang bermerek bahwa motivasi yang melatarbelakangi mahasiswa Fisip Unsoed memakai barang branded adalah memberikan kenyamanan pribadi, kualitas yang didapat dalam barang bermerek, bentuk penghargaan diri, mendapat pengakuan dari orang lain dan menunjukan status sosial ekonomi orang tua. Barang bermerek yang digunakan oleh mahasiswa FISIP UNSOED adalah barang fesyen atau pakain bermerek seperti Bonia , Casio, Guess, Alba, Expedition,Nike, Miu-Miu, Louis Vuitton, Jansport, Bellagio, Gosh. New Balance dan Hush Puppies, Polo dan Gaudy, Zoya, Lee Cooper, dan HadCname,di gunakan oleh mahasiswa FISIP UNSOED.
Peneliti menyarankan bagi para mahasiswa seharusnya lebih bijak dalam mengeluarkan uang yang mereka miliki untuk hal-hal yang sifatnya lebih positif seperti membeli produk lokal yang kualitasnya tidak berbeda jauh dengan merek terkenal. Hal ini penting karena dengan membeli produk lokal maka akan berdampak secara langsung pada perkembangan ekonomi mikro di Indonesia khususnya Purwokerto. Selain itu, hasrat untuk mengkonsumsi barang branded juga tidak selamanya baik bagi mahasiswa. Apabila sikap batin ini dipupuk terus-menerus, maka akan berakibat pada memudarnya kebanggaan mahasiswa akan produk lokal atau dalam negeri. Sebagai generasi muda, seharusnya mahasiswa khususnya jurusan sosial justru dapat memperkenalkan produk lokal kepada masyarakat global.

Keywordsbranded, Gaya Hidup, Konsumtif
Citation Key2649
You are here