Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Bentuk Pengasaran (Disfemia) pada Wacana Politik di Media Cetak (Analisis isi pada Surat Kabar Harian “Kompas”)

JudulBentuk Pengasaran (Disfemia) pada Wacana Politik di Media Cetak (Analisis isi pada Surat Kabar Harian “Kompas”)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsMaulidyastono, Ahdiat Septian
Call NumberKOM.736
Other NumbersF1C008105
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published09/2015
Abstract

Wacana politik adalah salah satu jenis wacana yang di dalamnya berisi hal yang berkaitan dengan dunia politik. Salah satu kekhasan wacana politik adalah seringnya memunculkan benuk pengasaran bahasa (disfemia). Dalam penggunaannya, disfemia dapat menjadi salah satu cara penulis artikel untuk menghadirkan bacaan yang dapat menarik minat pembaca untuk membacanya. Dalam disfemia juga sering mengandung nilai rasa atau makna emotif yang juga dapat menggugah emosi pembaca.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk disfemia yang muncul pada wacana politik di media cetak surat kabar harian “Kompas” periode Desember 2014; (2) Menganalisis nilai rasa yang muncul dalam disfemia pada wacana politik di media cetak; (3) Menganalisis bentuk pengasaran (disfemia) dan nilai rasa yang muncul pada wacana politik di media cetak.
Metode yang digunakan penulis adalah metode yang sesuai dengan tahapan penelitian kuantitatif, yang meliputi pendekatan penelitian, sampel dan teknik pengambilan sampel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Pada pengumpulan data digunakan metode dokumentasi dan teknik catat sebagai kelanjutannya. Data diambil dari wacana politik di Harian Kompas periode Desember 2014. Data dianalisis dengan metode content analysis dengan teknik frekuensi sebagai kelanjutannya.
Berdasarkan hasil analisis ditemuka bahwa (1) penggunaan disfemia pada wacana politik di media cetak surat kabar harian “Kompas” periode Desember 2014 terdapat 68 data (2) dilihat dari nilai rasanya bentuk pengasaran (disfemia) terdiri dari empat nilai rasa yaitu nilai rasa menguatkan, menakutkan, menyeramkan dan mengerikan (3) dari hasil analisis yang dilakukan penulis, tidak terdapat kata, frasa yang bermakna sama dan mutlak.

KeywordsBentuk Pengasaran (disfemia), Media Cetak xi, Wacana Politik
Citation Key2442
You are here