Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Batas Usia Pensiun PNS Akhirnya Menjadi 58 Tahun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar mengatakan batas usia pensiun (BUP) Pegawai Negeri Sipil saat ini adalah 58 tahun. Batas usia pensiun sebelumnya ditetapkan 56 tahun. Hal itu merupakan bonus bagi PNS. penetapan ini dilakukan setelah  Rancangan Undang-undang (RUU) Aparatur Sipil Negara (ASN), ditetapkan Senin (16/12) lalu. DPR akhirnya menyetujui batas usia pensiun 58 tahun. Sampai eselon III, BUP menjadi 58 tahun, eselon II dan I 60 tahun. Sedangkan untuk jabatan fungsional bisa lebih.

Menteri PAN-RB mengatakan undang-undang baru ini nantinya akan mejadi dasar yang kuat dalam reformasi birokrasi di bidang SDM. Mulai manajemen penghitungan kebutuhan PNS yang benar dan baik, cara merekrut atau menerima PNS baru, pendidikan berjenjang, penempatan dan promosi terbuka. “Tidak bisa lagi sistem kekerabatan, atau kedekatan, tidak ada lagi politisasi,” imbuhnya.

Menteri PAN-RB optimistis, dengan hadirnya UU ASN, birokrasi pemerintahan ini akan banyak berubah. “Tanpa sistem seperti itu, kita susah berubah. Kita hafal betul kata-kata anti KKN, dan sebagainya. Tapi bagaimana caranya kita bisa lepas dari hal itu semua. Kalau Korea bisa memperbaiki birokrasi dalam 30 tahun, mestinya kita bisa lakukan dalam 10 tahun,” ucap Azwar.

You are here