Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Atmosfer Akademik Tumbuh dalam Tutorial Jurusan Sosiologi Fisip Unsoed

Kualitas pembelajaran di Jurusan Sosiologi Fisip Unsoed telah terbukti dengan perolehan akreditasi A. Mahasiswa tidak hanya aktif  dalam mengemukakan pendapat dan menyampaikan berbagai pemikiran, dalam sesi klasikal saja. Menurut dosen pengampu Drs. Hendri Restu Adhi, M.Si., M.A.(soc) dalam sesi tutorial, nampak dinamisasi nuansa atmosfer akademiknya.

Salah satu tutor, mahasiswa berkerudung bernama Vitas menjelaskan bahwa kegiatan tutorial ini, dilaksanakan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 7 hingga 10 orang dengan didampingi oleh seorang tutor. Tutor merupakan mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah TSK dan TSM dan memperoleh nilai A. Tutor menjadi fasilitator yang membantu peserta tutor untuk memahami pemikiran-pemikiran tokoh sosiologi. Disamping itu, menurut Vitas salah satu tugas tutor adalah memberikan penilaian terkait dengan partisipasi peserta tutorial. 

Tutorial menjadi salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa Sosiologi yang mengambil mata kuliah Teori Sosiologi Klasik (TSK) dan Teori Sosiologi Modern (TSM). Kedua mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa untuk lebih memperdalam ilmu dan pengetahuan terkait perkembangan sosiologi. Dalam TSK, mahasiswa akan diperkenalkan dengan para tokoh sosiologi dan pemikirannya pada masa awal kemunculan sosiologi. Sementara itu, dalam TSM mahasiswa akan diajak untuk mengenal tokoh sosiologi kontemporer dengan berbagai pemikirannya.

Vitas tidak sendiri, bersama 14 mahasiswa senior lainnya menjadi fasilitator mata kuliah ini. Sebagai tutor vitas dapat melihat keaktifan mahasiswa adik kelasnya. Adanya tutorial ini diharapkan mahasiswa sosiologi dapat secara mendalam memahami berbagai teori sosiologi dan mengkritisi berbagai permasalahan sosial yang terjadi masyarakat melalui perspektif sosiologi. Selain itu, kegiatan tutorial menjadi ajang diskusi dan wadah bagi mahasiswa untuk lebih berani dalam mengemukakan pendapat, tutur mahasiswi manis ini.

Sosiologi FISIP UNSOED, Maju Terus Pantang Menyerah !

You are here