Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Analisis Pemberitaan Program Serba Gratis Jokowi pada Media Online Detik.com dan Kompas.com (Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki)

JudulAnalisis Pemberitaan Program Serba Gratis Jokowi pada Media Online Detik.com dan Kompas.com (Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsWulansari, Astuti
Call NumberKOM.570
Other NumbersF1C009055
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2014
Date Published03/2014
Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana bentuk pembingkaian
pemberitaan program serba gratis Jokowi pada media online detikcom dan
KOMPAS.com dan bagaimana bentuk konstruksi peristiwa yang dilakukan
wartawan.
Subjek penelitian ini adalah media online detikcom dan KOMPAS.com.
Objek penelitian ini adalah pemberitaan enam program serba gratis Jokowi yang
meliputi Bantuan Pendidikan Gratis, Kesehatan Gratis, Kios Gratis, Pajak Warteg
Gratis, Rekreasi Waduk Gratis, dan Makanan Gratis pada seratus hari awal masa
jabatan Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta terhitung mulai tanggal 15 Oktober
2012 sampai dengan 23 Januari 2013.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif dengan pendekatan analisis framing. Analisis framing yang digunakan
merupakan model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan paradigma
konstruksionis. Sedangkan untuk metode pengumpulan data dilakukan dengan
cara analisis dokumen (berita), studi literatur, dan jurnal yang berhubungan
dengan penelitian ini.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah framing yang dilakukan
KOMPAS.com sangat berpihak pada Jokowi dengan banyaknya konstruksi
realitas yang dilakukan, sedangkan framing yang dilakukan detikcom masih
menunjukkan usaha media untuk melakukan pendekatan pada objektivitas
pemberitaan.

KeywordsBerita, Framing, Konstruksi realitas., Konstruksionis, media online
Citation Key1603
You are here