Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Akademisi FISIP UNSOED Paparkan Strategi Pemberdayaan Masyarakat Desa di Konferensi Internasional Sekolah Pasca Sarjana UGM

Penguatan kelembagaan secara integral hendaknya menjadi strategi pemberdayaan masyarakat desa sebagai rangkaian proses menuju kemandirian ekonomi masyarakat. Demikianlah pokok pikiran yang disampaikan Drs. Bambang Suswanto, M.Si, Ahmad Sabiq, SIP. MA dan Adhi Iman Sulaiman, SIP. M.Si., dalam International Graduate Student and Scholars Conference on Indonesia (IGSSCI) yang diselenggarakan oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada pada 19-20 November 2014 lalu.  Konferensi Internasional ini adalah salah satu program tahunan Sekolah Pascasarjana UGM yang  menghadirkan akademisi dari berbagai negara. Konferensi yang bersifat interdisiplin keilmuan ini mengambil tema : Science, Spirituality and Local Wisdom: Interdisciplinary Approaches to Current Global Issues.

Tim FISIP Unsoed memaparkan makalahnya dalam sesi panel “Local Empowerment and Village Resilience” yang dimoderatori oleh  Kelly Swazey, Ph.D, Visiting Professor pada Fakultas Ilmu Budaya UGM. Dalam paparannya tim FISIP UNSOED menyampaikan bahwa penguatan kelembagaan terhadap kelompok-kelompok usaha yang ada di desa semestinya dilakukan dengan mencakup empat aras yakni penguatan secara internal, eksternal, finansial dan sosial kultural. Secara internal perlu ada pembenahan organisasional pada kelompok-kelompok usaha yang ada. Secara eksternal, perlu ada penguatan jaringan dan kemitraan serta perluasan akses pemasaran. Dari sisi finansial, kelompok usaha perlu mengembangkan kemandirian pendanaan melalui iuran, simpan pinjam dan juga melalui pengembangan koperasi yang ada di desa. Terakhir, hal yang tak boleh dilupakan dalam melakukan penguatan kelembagaan adalah penguatan secara sosial kultural melalui edukasi dan pendekatan humanistik terhadap masyarakat pada umumnya dan kelompok usaha khususnya dalam rangka menumbuhkan sikap mental yang lebih mandiri, kreatif dan inovatif. (AT)

Maju terus Fisip UNSOED...Pantang Menyerah....
 

You are here